Minggu, 06 Mei 2018 10:40 WITA

Pengguna Keluhkan Iklan, Facebook Akan Pungut Biaya Bulanan

Editor: Aswad Syam
Pengguna Keluhkan Iklan, Facebook Akan Pungut Biaya Bulanan
CEO Facebook, Mark Zuckerberg

RAKYATKU.COM - Pengguna Facebook akan diberikan pilihan untuk membayar biaya bulanan untuk menghindari iklan. 

Kontroversi terbaru tentang iklan yang ditargetkan, terutama pesan-pesan politik, telah menyebabkan raksasa media sosial untuk mempertimbangkan versi bebas iklan baru. 

Facebook saat ini memiliki 1,5 miliar pengguna, dan selalu gratis tetapi dapat merencanakan untuk mengikuti layanan streaming musik Spotify dan lainnya, yang memungkinkan pelanggan membayar langganan untuk menghindari iklan. 

The Sun melaporkan, Facebook sedang melakukan riset pasar mengenai layanan berlangganan bebas iklan. Setelah skandal Cambridge Analytica di mana pelanggan data pribadi dibagikan dengan perusahaan pemasaran, CEO Mark Zuckerberg berbicara kepada House of Congress. 

"Akan selalu ada versi Facebook yang gratis. Ini adalah misi kami untuk mencoba membantu menghubungkan semua orang di seluruh dunia dan membawa dunia lebih dekat bersama. Untuk melakukan itu, kami percaya kami perlu memberikan layanan yang semua orang mampu," ujar Mark.

Pengguna Facebook Fiona Shea telah memperhatikan peningkatan jumlah iklan di situs ini. "Saya sangat muak dengan terus-menerus mengeluarkan iklan dari umpan Facebook saya, dan Instagram. Seolah-olah situs tidak lagi tentang jejaring sosial dan berhubungan dengan orang-orang, tetapi lebih merupakan alat untuk iklan dan layanan penjualan. Memalukan," ujarnya.

Facebook tampaknya mengambil informasi dari apa pun yang Anda gulir, klik atau sukai. Buang topik acak ke preferensi iklan Anda, dan kemudian spam.