Sabtu, 05 Mei 2018 07:00 WITA

Xiaomi Mi A1 vs Mi A2 dari Segi Performa

Editor: Adil Patawai Anar
Xiaomi Mi A1 vs Mi A2 dari Segi Performa

RAKYATKU.COM - Xiaomi tampaknya serius menggarap varian smartphone kelas menengah dengan antarmuka pure Android. Setelah sukses dengan Mi A1 pada tahun lalu, Xiaomi kembali meluncurkan generasi keduanya yakni Mi A2 aka Mi 6X.

Selang satu tahun, Mi A2 sudah pasti punya sesuatu yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Dari tampilan, fitur, maupun soal kinerja. Nah, ini beberapa catatan penting perubahan yang ada antara Mi A2 dengan Mi A1.

Disain
Dilansir tabloidpulsa, untuk ukuran, antara Mi A1 dengan Mi A2 nyaris sama, hanya saja bentang layar Mi A2 lebih panjang yakni 5,99 inci dibanding dengan 5,5 inci ukuran layar Mi A1. Jadi, karena Mi A2 sudah menggunkan layar FullView 18:9, ukurannya tetap tak terlalu berpengaruh.

Selain ukuran layar,  perbedaan dari segi tampilan yang mencolok adalah perubahan pada susunan dual kamera di belakang dimana Mi A1 punya susunan menyamping sementara Mi A2 disusun berdiri dengan lampu LED di bagian tengah. Tampaknya ini menjadi standar baru pada perangkat Xiaomi sebab beberapa model terbaru menggunakan model susunan ini.  

Soal ketajaman layar sepertinya masih dipertahankan, sama-sama menggunakan layar LCD 1080 x 2160 pixels (~403 ppi).

Kamera
Sektor fotografi menjadi salah-satu peningatan signifikan dari model sebelumnya. Bukan soal ukuran piksel-nya tetapi kamera utama pada Mi A2 punya aperture yang lebih baik. Dual kamera yang ada di bagian belakang Mi A2 merupakan kombinasi dari 12 MPP f.1/8 + 20 MP f1/8). Ini jauh lebih baik dibandingkan dengan dual kamera pada Mi A1 yang memiliki kombiasi 12 MP (f/2.2) + 12 MP.

Oleh karena Mi A2 menggunakan platform Snapdragon 660, maka kemampuan kameranya akan lebih baik. Sebab, pada chipset Snapdragon 660 sudah dibekali Image Sensor Processor Qualcomm Spectra 160.

Mi A2 juga menjanjikan kualitas kamera depan yang mumpuni. Meski tanpa embel-embel “Selfie Expert”, kamera depan Mi A2 dibekali sensor 20 MP dengan aperture f/1.8. Jauh berbeda dengan Mi A1 yang mengandalkan kamera bersensor 5 MP.

Performa
Berbekal Snapdragon 660, kinerja Mi A2 jelas lebih baik jika dibandingkan dengan Mi A1 yang menggunakan Snapdragon 625. Soal clockspeed CPU dan GPU, Mi A2 lebih unggul dengan 2,2 GHz vs 2,0 GHz milik Snapdragon 625. Juga untuk urusan pemrosesan gambar, GPU pada Snapdragon 660 menggunakan Adreno 512 vs Adreno 506 yang ada pada Snapdragon 625. Bahkan, chipset Snapdragon 660 ini juga lebih baik dari Snapdragon 636.

Kesimpulan
Mi A2 akan meneruskan kerjasama Xiaomi dengan Google seperti halnya yang dilakukan pada MI A1. Untuk pasar di luar Cina, Mi A2 akan dibekali OS platform Android One dengan antarmuka pure Android. Kemungkinan akan ada sedikit custom untuk mengakomodasi beberapa fitur khas MIUI seperti yang ada pada Mi A1.

Secara umum, Mi A2 punya loncatan yang begitu besar dibandingkan dengan model sebelumnya. Bekal spesifikasi yang dibawa oleh Mi A2 juga akan menjadi pembeda antara seri Redmi Note 5. Nah, soal harga, Mi A2 juga tentu akan lebih mahal ketimbang seri Note 5 dan ini masih tergolong wajar jika dilihat dari bekal spesifikasi yang dimiliki Mi A2.

Tags