Jumat, 04 Mei 2018 00:30 WITA

Pengapalan Smartphone Samsung Terbanyak, Xiaomi Pimpin Pertumbuhan Jualan

Editor: Nur Hidayat Said
Pengapalan Smartphone Samsung Terbanyak, Xiaomi Pimpin Pertumbuhan Jualan

RAKYATKU.COM -  Perusahaan riset pasar, International Data Corporation atau IDC, merilis pengiriman smartphone pada kuartal I 2018.

Menurut data IDC diberitakan Viva, pada triwulan I tahun ini, total jumlah smartphone yang sudah dikapalkan mencapai 334,3 juta unit smartphone. 

Jika dibandingkan dengan periode kuartal yang sama tahun sebelumnya, maka volume pengapalan smartphone mengalami penurunan 2,9 persen. 

Laporan yang dirilis IDC pada 2 Mei 2018 itu menunjukkan, dari sisi pertumbuhan penjualan smartphone tahun ke tahun, Xiaomi memimpin dengan 87,8 persen, mengalahkan Huawei, Samsung, dan Apple. 

Pertumbuhan penjualan smartphone Huawei menguntit di belakang Xiaomi, namun dengan 13,8 persen. Sedangkan pertumbuhan tahun ke tahun Samsung turun 2,4 persen. 
Sementara irtu, Apple mengalami pertumbuhan tahun ke tahun 2,8 persen.

Tren minus melanda vendor asal Tiongkok, Oppo. Pertumbuhan dari tahun ke tahun penjualan Oppo, turun 7,5 persen. 

Xiaomi memang juara dalam pertumbuhan tahun ke tahun, namun dari sisi volume pengapalan smartphone, Xiaomi berada di urutan keempat. 

Untuk volume pengapalan smartphone kuartal pertama 2018, Samsung (78,2 juta unit), kemudian diikuti Apple (52,2 juta unit), Huawei (39,3 juta unit), Xiaomi (28 juta unit), Oppo (23,9 juta unit) dan vendor lainnya (112,7 juta unit).

Pengapalan Smartphone Samsung Terbanyak, Xiaomi Pimpin Pertumbuhan Jualan