Rabu, 02 Mei 2018 02:00 WITA

Setelah Panggilan Dan SMS, Kominfo Akan Blokir Layanan Internet

Editor: Fathul Khair Akmal
Setelah Panggilan Dan SMS, Kominfo Akan Blokir Layanan Internet
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika/ Kemkominfo mengungkapkan bahwa batas akhir registrasi pelanggan pra-bayar telah berakhir 30 April 2018. Sebagai langkah awal penetapan aturan registrasi ini, Kemkominfo akan melakukan pemblokiran untuk panggilan suara dan SMS pada 1 Mei 2018 secara nasional bagi pelanggan yang belum melakukan resgitrasi.

Hal tersebut pun diungkapkan dalam laman resmi kominfo menturkan bahwa pemblokiran total terhadap nomor pelanggan prabayar seluler yang belum diregistrasikan ulang akan dilakukan pada tanggal 30 April 2018 jam 24.00. Dalam kata lain, mulai 1 Mei 2018 seluruh layanan pada nomor prabayar seluler tersebut akan dinonaktifkan.

Pun demikian, pihak Kominfo mengungkapkan bahwa meski sudah dilakukan pemblokiran layanan panggilan dan Suara, pelanggan tetap bisa melakukan registrasi secara resmi langsung di gerai operator bersangkutan. Namun, jika ingin melakukan resgitrasi secara mandiri bisa melakukannya melalui SMS ke nomor 4444 atau ke kanal yang telah diinformasikan dari operator seluler.

Langkah selanjutnya, selain pemblokiran dua layanan panggilan dan SMS, Pemerintah juga akan menindak lanjutinya dengan mengambil langkah pemblokiran seluruh layanan termasuk akses internet, seperti dikutip dari arenalte.com. Hal ini dilakukan bertahap setelah registrasi resmi tidak juga dilakukan oleh pelanggan dalam waktu dua minggu ke depan.

Untuk menghindari pemberhentian seluruh layanan pada nomor prabayar seluler yang dimiliki, masyarakat diminta untuk segera melakukan registrasi ulang sebelum batas waktu tanggal 30 April 2018 jam 24.00 dengan menggunakan NIK dan Nomor KK secara benar dan berhak.

Bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam melakukan registrasi ulang nomornya, dapat segera menghubungi layanan pelanggan atau mengunjungi gerai operator.