Senin, 30 April 2018 15:38 WITA

Awas, Nakal di Media Sosial Bisa Didenda Rp1 Miliar

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Awas, Nakal di Media Sosial Bisa Didenda Rp1 Miliar
Ilustrasi. Int.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (KISP) Provinsi Sulsel, Andi Hasdullah mengungkapkan, saat ini tidak sedikit konten informasi maupun hiburan di berbagai aplikasi yang melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Konten tersebut umumnya mengandung pornografi, ancaman pada seseorang, konflik suku-agama, ujaran kebencian, dan berbagai hal yang menyimpang dari pelaksanaan aturan ITE.

Ia menambahkan, penggunaan media sosial secara negatif ini bisa mendapatkan ganjaran hukuman yang berat, karena masuk dalam tindak pidana.

"Hukumannya ini berat, bisa dipidana maksimal enam tahun dan denda Rp1 miliar," ujarnya kepada Rakyatku.com, Senin (30/4/2018).

Menurutnya, untuk mengawasi konten-konten negatif tersebut, dibutuhkan partisipasi dari semua pihak. Tidak hanya dari pemerintah, akan tetapi juga seluruh komponen masyarakat.

Sebagai salah satu upaya, pihaknya pun terus melakukan sosialusasi kepada masyarakat luas, khususnya pengguna media sosial yang aktif agar lebih bijak di dunia maya tersebut.

"Sosialisasi harus terus dilakukan. Bisa saja mereka tidak tahu, bahwa penggunaan medsos yang salah bisa berdampak pada hukum pidana. Jangan coba bermain-main di medsos, karena semua ada aturannya," tegas Hasdullah.