Senin, 30 April 2018 12:20 WITA

Huawei Putar Otak Jika Diblokir di Amerika Serikat

Editor: Andi Chaerul Fadli
Huawei Putar Otak Jika Diblokir di Amerika Serikat

RAKYATKU.COM - Huawei tampak was-was lantaran penyelidikan AS terhadap perusahaannya. Tentu saja Huawei tak ingin perusahaannya bernasib nahas seperti ZTE yang dituding melanggar perdagangan.

Mereka pun berpotensi dilarang menggunakan OS Android alias lisensi Androidnya dicabut. Selain itu juga, dilarang mengekspor komponen dari perusahaan AS. 

Dikutip dari Engadget, Senin (30/4/2018), Huawei akan menggunakan sistem operasi yang dikembangkan sendiri agar tidak bernasib sama seperti ZTE.

"Ini skenario untuk kasus terburuk," kata orang dalam Huawei.

Sebelumnya, Huawei sempat mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk mengembangkan operating system sendiri pada masa mendatang. 
Namun, ketika otoritas AS pada tahun 2012 melakukan investigasi ZTE dan perusahaannya, Huawei dikabarkan mengembangkan sistem operasinya sendiri. 

Ini dilakukan jika kelak otoritas AS sudah pasti melarangnya menggunakan sistem operasi Android untuk ponselnya.

Meski begitu, bukan hal yang mudah melepaskan sistem operasi Android. Itu sama saja pengguna rela meninggalkan akses ke layanan Google di luar China. Bahkan ponsel anyarnya P20 Pro akan kehilangan daya pikat jika tidak menggunakan sistem operasi dari Google itu.

Tags