Minggu, 15 April 2018 17:01 WITA

Siap Dirilis, Berikut Spesifikasi Xiaomi Mi 6X

Editor: Adil Patawai Anar
Siap Dirilis, Berikut Spesifikasi Xiaomi Mi 6X

RAKYATKU.COM - Pada hari Kamis (12/04/2018) kemarin, Xiaomi telah mengirimkan undangan kepada media yang menegaskan bahwa mereka akan menggelar sebuah acara di Tiongkok untuk memperkenalkan Mi 6X. Smartphone yang menurut rumor terbaru bakal disebut Mi A2 di pasar global ini kabarnya akan jadi penerus dari ponsel Android One Xiaomi sebelumnya berjuluk Mi A1.

Dilansir tabloidpulsa, sudah muncul di lembaga sertifikasi negeri tirai bambu, Mi 6X pada hari Jumat (13/04/2018) diberitakan telah berhasil diungkap spesifikasi kuncinya melalui bocoran file firmware yang baru saja beredar. Seperti dilansir oleh laman XDA Developers, smartphone ini memiliki build number sama dengan yang ditunjukkan oleh dokumen yang muncul di TENAA, yaitu M1804D2SC. Adapun huruf C pada build number dimaksud kabarnya jadi petunjuk penting bahwa sang perangkat hanya akan dipasarkan untuk wilayah Tiongkok.

Xiaomi Mi 6X kabarnya juga akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 660 yang memiliki kecepatan 2.0GHz. Kecepatan pemrosesan yang digunakan jauh lebih rendah dari standar clock speed milik Snapdragon 660 yang seharusnya berada di angka 2,2GHz. Adapun bagian depannya akan menggunakan panel berdiagonal 5,99 inci yang bakal memakai resolusi 216ox1080 piksel. Melihat dari angka tersebut dapat disimpulkan bahwa Mi 6X besar kemungkinan merupakan smartphone layar penuh dengan aspek rasio 18:9.

Sektor fotografinya memanfaatkan kamera ganda dengan sensor primer Sony IMX486 berukuran 12MP pada bukaan lensa f/1.8 yang akan ditemani pula oleh sensor sekunder Sony IMX376 berukuran 20 megapiksel pada diafragma yang identik. Konfigurasi yang digunakan memang mirip dengan Redmi Note 5 Pro yang memiliki sensor serupa namun dengan besaran diafragma masing-masing f/2.2 dan f/2.0.

Beranjak ke depan, Anda bisa melihat kamera depan berkekuatan 12 megapiksel yang merupakan sensor Sony IMX376 dengan diafragma f/2.2. Ini artinya kamera selfie miliknya kembali menggunakan sensor yang serupa dengan Redmi Note 5 Pro. Adapun untuk kamera utamanya diperkirakan akan sanggup mengabadikan video dengan resolusi 4K pada kecepatan 30fps. Sedang mode portrait untuk menghasilkan gambar dengan efek bokeh juga masih akan dibenamkan pula di dalamnya.

Smartphone ini akan menjalankan sistem operasi Android Oreo 8.1 yang diperkaya oleh antarmuka MIUI 9. Meski tidak memiliki chip NFC, perangkat ini masih akan dilengkapi pula oleh port inframerah.

Sesuai dengan dokumen TENAA, Mi 6X bakal hadir dengan tiga varian RAM dan ROM berbeda yang mencakup 4GB RAM/32GB, 6GB RAM/64GB, 6GB/128GB. Sementara untuk operasional perangkat sehari-hari sudah disiapkan baterai dengan kapasitas daya 2910mAh. Berbeda dari pendahulunya, Mi 6X tidak akan dibekali oleh jack audio 3.5mm. Dengan demikian ada kemungkinan bahwa perangkat ini akan disertai oleh adapter USB-C to audio jack. 

Tags