Minggu, 15 April 2018 04:30 WITA

Apple Disuruh Bayar Ganti Rugi Rp6,9 T

Editor: Andi Chaerul Fadli
Apple Disuruh Bayar Ganti Rugi Rp6,9 T

RAKYATKU.COM - Apple Inc telah diperintahkan untuk membayar $502 juta atau setara Rp6,9 triliun kepada sebuah perusahaan bernama VirnetX. Apple dinyatakan bersalah melanggar paten keamanannya.

Jaksa di Texas -yang merupakan lokasi populer untuk tuntutan hukum paten- mengatakan, FaceTime Apple, VPN on Demand, dan iMessage menampilkan properti intelektual yang tidak benar yang dimiliki oleh VirnetX.

Keputusan mereka adalah keputusan terbaru dalam serangkaian kasus yang dimulai pada tahun 2010 dan telah didengar oleh beberapa pengadilan.

Kendall Larsen, chief executive VirnetX, mengatakan kerusakan itu "adil" dan didasarkan pada penjualan lebih dari 400 juta perangkat Apple.

"Buktinya jelas," kata Larsen kepada Bloomberg, dikutip dari Sky News, Sabtu (14/4/2018). "Katakan yang sebenarnya dan kamu tidak perlu khawatir tentang apapun."

Kritik telah memberi label VirnetX sebagai "troll paten" karena tampaknya tergantung pada kerusakan yang dikeluarkan dalam kasus pelanggaran paten untuk pendapatannya.

Perusahaan ini juga sebelumnya telah memasuki sengketa kekayaan intelektual dengan Cisco dan Microsoft.

Juga memegang beberapa paten yang berkaitan dengan teknologi yang digunakan dalam menciptakan jaringan pribadi virtual (VPN) yang diduga fitur Apple melanggar.

"Apple tidak bermain adil. Mereka telah mengambil kekayaan intelektual VirnetX tanpa izin," kata Pengacara VirnetX, Brad Caldwell.

VirnetX sebelumnya memenangkan $ 368m (£ 259m) dalam kerusakan terhadap Apple, tetapi temuan juri dalam kasus itu diberhentikan oleh pengadilan banding.

Nilai saham VirnetX naik lebih dari 40% dalam perdagangan setelah jam setelah keputusan.

Tags