Jumat, 13 April 2018 05:00 WITA

Gmail Bakal Lebih Segar dan Bersih, Begini Bocoran Google

Editor: Nur Hidayat Said
Gmail Bakal Lebih Segar dan Bersih, Begini Bocoran Google

RAKYATKU.COM, CALIFORNIA - Google berencana melakukan pembaruan besar terhadap tampilan Gmail. Raksasa internet asal Mountain View, California, Amerika Serikat itu akan merombak dan menambah sejumlah fitur baru di dalamnya.

Kepada The Verge, Google menyebut tampilan baru kotak suratnya akan lebih segar dan bersih. Juga akan ada fitur baru seperti Smart Reply, notifikasi yang bisa disembunyikan, dan dukungan offline. Rencananya hanya ditujukan pada Gmail versi web.

"Kami sedang mengerjakan pembaruan besar pada Gmail," tulis juru bicara Google kepada The Verge.

Sayangnya, Google tak memberikan detail mengenai tampilan baru Gmail ini. Akan tetapi, mereka diprediksi akan bakal merancangnya mengikuti desain Google Calendar di versi situsnya yang sudah dirilis sejak tahun lalu.

Kalender baru Google tampil lebih bersih dan sederhana. Secara fungsi, Google Calendar baru itu pun lebih kaya dari sebelumnya. Itu dengan kehadiran fitur-fitur yang memudahkan pengguna berbagi dokumen di dalamnya.

Perombakan besar Google terhadap Gmail sesungguhnya sudah dilakukan pada 2014 lalu. Namun, hanya berlaku di versi aplikasi mobile. Sementara Gmail versi situs web tak pernah berubah dari waktu ke waktu.

Gmail baru ini diperkirakan mulai bisa dinikmati oleh pelanggan bisnis maupun individual dalam beberapa pekan ke depan. "Kami butuh waktu tambahan waktu sedikit lagi untuk mendesainnya," demikian Google.