Senin, 09 April 2018 09:15 WITA

Snapchat Terapkan Lagi Urutan Kronologis untuk Stories

Editor: Andi Chaerul Fadli
Snapchat Terapkan Lagi Urutan Kronologis untuk Stories

RAKYATKU.COM - Snapchat kembali menerapkan urutan stories penggunanya berdasarkan kronologi waktu. Langkah ini diambil setelah perusahaan tersebut mendapat banyak keluhan akibat desain stories yang diterapkan sebelumnya.

Beberapa bulan lalu, Snapchat menjadi bahan perbicangan penggunanya setelah menampilkan Stories yang diurutkan dengan algoritma.

Keluhan itupun didengarkan Snapchat dan mengembalikan desain kronologi. Namun desain ini hanya untuk beberapa pengguna saja.

"Kami memisahkan sosial dari media, dan mengambil langkah penting ke depan untuk memperkuat hubungan kami dengan teman-teman dan hubungan kami dengan media," ujar CEO Snapchat, Evan Spiegel, dikutip dari Engadget, Senin (9/4/2018).

Idenya adalah bahwa Snapchat akan menawarkan basis penggunanya konten yang lebih dipersonalisasi. Ide itu, meskipun dipahami dengan baik, tidak diterima dengan baik oleh semua orang.

Seperti yang dilaporkan oleh Techcrunch, beberapa orang sekarang melihat urutan kronologis terbalik dari Cerita baik dalam versi aplikasi di mana terdapat tab Cerita dan Obrolan terpisah, serta desain di mana hanya ada Stories dan Semua tab.

Masalah dengan urutan kronologis terbalik adalah secara otomatis memberikan keuntungan kepada pengguna yang sering pengguna Snapchat. Dan manfaat untuk penyortiran algoritmik adalah secara historis telah membantu pertumbuhan platform media sosial. 

Sebagai contoh, baik Instagram dan Twitter menerapkan teknik penyortiran ini, dan Instagram telah menggembar-gemborkan bahwa itu telah melampaui Snapchat dalam hal popularitas di kalangan pengguna. Memang, setelah Snapchat menerapkan sorting algoritmik, platform media sosial melihat peningkatan angka pertumbuhan.