Senin, 09 April 2018 05:00 WITA

7 Kebiasaan yang Bisa Merusak HP Secara Instan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
7 Kebiasaan yang Bisa Merusak HP Secara Instan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Smartphone menjadi benda yang paling penting dan harus dibawa kemana-mana. Alat satu ini sudah jadi barang yang tak boleh lepas dari tangan, tapi banyak orang yang lupa untuk memperhatikan kondisi HP mereka.

Tau nggak sih, ternyata secara tidak sadar kita sudah melakukan hal-hal yang bisa merusak smartphone? Sebaiknya kamu baca artikel ini untuk apa saja hal yang tidak boleh kamu lakukan.

Dilansir laman Jalantikus, untuk membuat smartphone kita tetap bekerja dengan optimal dan awet, tentunya kamu harus menghindari hal-hal bawah ini.

1. Membiarkan Smartphone Overheat

Memainkan game dengan grafis yang berat, menonton video, memakainya dibawah terik matahari, atau melakukan kegiatan apapun secara nonstop biasanya akan membuat HP cepat panas atau overheat. Mulai sekarang kamu harus menghindari hal ini. Bahaya yang paling mengancam adalah HP meledak.

2. Memenuhi Media Penyimpanan

Kalau smartphone kamu punya banyak ruang penyimpanan internal ya tidak jadi soal. Buat kamu yang punya HP dengan internal storage kecil  kamu menambah media penyimpanan eksternal dengan microSD. Memenuhi ruang penyimpanan memang tikan akan membuat HP kamu meledak, tapi hal ini akan membuat performa HP kamu menurun.

3. Mempekerjakan Smartphone Nonstop

Sama seperti saat kamu mematikan komputer kalau tidak digunakan, mematikan HP saat tidak digunakan juga bisa jadi ide bagus. Kamu bisa mematikan HP ketika kamu sedang sibuk beraktivitas seperti saat nonton di bioskop, sedang ujian, atau saat kamu tidur. Memberikan waktu untuk beristirahat akan memperpanjang umur smartphone kamu.

4. Terkena Cairan

Tidak semua smartphone anti air, hanya beberapa tetes air saja sudah bisa merusak komponen di HP kita. Jadi ketika akan beraktivitas yang bersentuhan dengan air kamu harus pastikan HP kamu sudah menggunakan case anti air.

5. Charge Semalam Suntuk

Kalau hanya dilakukan beberapa kali sih, tidak masalah. Tapi kalau kamu melakukan ini setiap malam ya dijamin usia baterai HP kamu tidak akan bertahan lama. Sebaiknya jangan charge baterai semalaman terlalu sering ya.

6. Lupa Update Aplikasi

Setiap aplikasi pasti akan melakukan update untuk memperbaiki tiap bugs yang terjadi dari versi terdahulunya. Itu untuk membuat aplikasi tetap bekerja dengan baik, kalau tidak di-update maka performa HP kamu pasti ikut terhambat. Jadi kalau kamu pelupa, aktifkan saja opsi auto-update di pengaturan aplikasi kamu.

7. Install Aplikasi Sembarangan

Jangan pernah install aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Karena bisa saja aplikasi itu sudah dimasuki virus atau malware. Malware di smartphone bisa lebih berbahaya ketimbang malware di komputer, ia bisa melacak kemanapun kamu pergi ataupun mencuri data penting.