Selasa, 03 April 2018 09:19 WITA

Karya Pemuda 19 Tahun, Powerbank Imut Ini Bisa untuk Nyalakan Laptop dan TV

Editor: Andi Chaerul Fadli
Karya Pemuda 19 Tahun, Powerbank Imut Ini Bisa untuk Nyalakan Laptop dan TV

RAKYATKU.COM - Angelo Casimiro, mahasiswa Teknik Elektro dan Komunikasi sebuah universitas di Filipina telah menciptakan bank daya yang secara harfiah dapat menyalakan peralatan rumah, bahkan laptop untuk game.

Dikutip dari Nextshark, Selasa (3/4/2018), Casimiro, yang juga mengelola saluran YouTube TechBuilder, membuat video DIY (Do-It-Yourself) pada Desember lalu. Dalam videonya, dia menunjukkan cara membuat bank daya dengan jus untuk mengisi daya laptop game. 

Atau bahkan daya memasang peralatan rumah saat tidak berada di sekitar stopkontak listrik.

Untuk proyek ini, Casimiro menggunakan tiga bank daya USB (ia mengeluarkan baterai lithium di dalamnya dan membuang sisanya), konverter DC-ke-AC, dua modul Charger Lithium Ion Balanced 3-Sel, dioda penyearah, kontak semen, kayu, dan kaset.

Powerbank menyediakan energi yang cukup untuk beberapa lampu, satu TV LCD, atau bahkan kipas ketika berada di luar ruangan atau ketika listrik padam.

Sama seperti powerbank lain yang tersedia secara komersial untuk smartphone atau tablet, ini juga dapat diisi di rumah melalui outlet listrik. Apa yang membuat ini menonjol di atas orang lain di pasar, bagaimanapun, adalah pilihan untuk mengisi daya menggunakan panel surya.

Casimiro, selama bertahun-tahun di YouTube, telah membuat banyak penemuan luar biasa, termasuk sepatu penghasil tenaga yang dia buat pada tahun 2014 ketika dia baru berusia 15 tahun untuk Google Science Fair 2014.

Seakan itu belum cukup, dia menjadi berita utama lagi beberapa tahun kemudian. Untuk menyambut kembalinya "Star Wars" di layar perak - "Star Wars: The Force Awakens" - Casimiro, yang baru berusia 17 tahun pada saat itu, membuat versi kehidupan nyata dari droid BB-8 populer yang dibuat hanya dari rumah tangga objek.