Senin, 02 April 2018 16:31 WITA

Cara Aktifkan Google Assistant Indonesia dan Aneka Fungsinya

Editor: Abu Asyraf
Cara Aktifkan Google Assistant Indonesia dan Aneka Fungsinya
Asisten Google versi bahasa Indonesia resmi meluncur hari ini.

RAKYATKU.COM - Asisten Google berbahasa Indonesia ini resmi meluncur hari ini, Senin (2/4/2018). Ikuti cara berikut ini untuk mengaktifkannya di ponsel Anda.

Berbagai jenis perintah seperti menyetel pengingat hingga mengirim pesan kini bisa diperantarai oleh asisten pintar itu. Sebelumnya, asisten hanya bisa diakses dan diperintah melalui bahasa Inggris. 

Sebelumnya, asisten Google dengan bahasa Indonesia pertama kali muncul pada Agustus 2017 di aplikasi chat Google Allo. Google akhirnya mengeluarkan Asisten Google versi bahasa Indonesia. 

"Kini, dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna. Aktifitas tersebut mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps dan lain-lain," papar Google.

Namun, sebelum berkenalan dengan Asisten Google versi baru itu ada sejumlah hal yang harus dilakukan. Pertama, penggunaan versi sistem operasi yang bekerja di ponsel cerdas pengguna. Asisten berbahasa Indonesia ini minimal butuh Android 5.0 Lollipop atau iOS 9.1 untuk perangkat Apple. Perlu diingat juga Google Penelusuran (Google Search) harus diperbaharui ke versi paling anyar.

Kedua, mengubah bahasa asisten di menu pengaturan perangkat yang tadinya bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Jangan lupa letakkan pemilihan bahasa Indonesia itu sebagai prioritas.

Kemampuan Asisten Google versi bahasa Indonesia ini lumayan beragam. Berbagai tugas bisa ia lakukan mulai dari mencari restoran, mencari resep masakan, menyalakan WiFi, dan memutar video klip di YouTube. 

Dikutip dari CNN Indonesia, perintah lain yang segera ditambahkan ke Asisten Google adalah memutar siaran radio dari sejumlah stasiun radio.

Selain menerima perintah-perintah di atas, Asisten Google juga sudah terintegrasi ke beberapa aplikasi populer seperti bermain Tebak Gambar, membaca hot thread Kaskus, berbincang dengan Vira dari Bank BCA, hingga mendengar ayat Al-Quran bersama Al-Qolam. 

Berita Terkait