Senin, 02 April 2018 03:00 WITA

Alien Bisa Hidup di Awan Asam Planet Venus

Editor: Jumardin Akas
Alien Bisa Hidup di Awan Asam Planet Venus

RAKYATKU.COM - Venus adalah salah satu planet yang paling tidak ramah di tata surya kita, tetapi planet itu masih bisa memiliki kehidupan.

Awan asam Venus dapat menjadi tempat kehidupan mikroba yang sederhana, menurut penelitian yang  terperinci dalam jurnal Astrobiology. 

Dilansir Independent, para ilmuwan mempelajari hal-hal yang tidak teridentifikasi yang membentuk tambalan gelap di awan Venus. Dengan menggunakan Ultraviolet, mereka menemukan awan terdiri dari asam sulfat dan partikel penyerap cahaya. Awan juga telah terdeteksi oleh wahana antariksa.

Profesor Rakesh Mogul, yang turut menulis makalah dan ahli kimia biologi di Universitas Politeknik California, Pomona menjelaskan, bakteri dapat menjadi penyebab atas asam sulfat itu.

Di Bumi, kita tahu bahwa kehidupan dapat berkembang dalam kondisi yang sangat asam, dapat memberi makan karbon dioksida, dan menghasilkan asam sulfat.

Penulis utama Sanjay Limaye, dari Pusat Sains dan Teknik Universitas Wisconsin-Madison menambahkan, Venus memiliki banyak waktu untuk mengembangkan kehidupannya sendiri. Itu jauh lebih lama dari yang diyakini terjadi di Mars.

Beberapa model, katanya, menyarankan Venus memiliki iklim layak huni selama sekitar 2 miliar tahun.

Meskipun Venus serupa dalam ukuran dan struktur Bumi, Venus lebih tebal dan beracun dengan suhu yang cukup panas. Kilasan di luar awannya juga menunjukkan gunung-gunung berapi.