Jumat, 30 Maret 2018 19:24 WITA

4 Tips Mengetahui Driver Ojek Online "Tuyul"

Penulis: Alifiah Ainul - Muh. Fadel
Editor: Nur Hidayat Said
4 Tips Mengetahui Driver Ojek Online
Manajemen Go-Jek saat ini tengah gencar sosialisasi #HapusTuyul.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fake GPS menjadi aplikasi yang diharamkan bagi pengemudi ojek online salah satunya go-Jek. Bila ketahuan memakainya, sanksi yang akan diterima driver cukup berat.

Aplikasi fake GPS atau biasa dikenal driver "tuyul" memang cukup membantu untuk mengelabui posisi seseorang. Ketika dipakai, penggunanya dapat membuat lokasi seolah-olah berada di tempat yang telah ditentukan.

Fake GPS mulai populer saat menjamurnya media sosial. Kala itu pengguna banyak memakainya untuk meng-update lokasi palsu di akunnya agar lebih mudah mendapatkan orderan.

VP Corporate Communications Go-Jek, Michael Say, mengimbau masyrakat pengguna Go-Jek untuk memperhatikan baik-baik, agar tidak ada lagi fake GPS yang digunakan driver yang bisa merugikan banyak orang. 

Selain mengembangkan sistem untuk mendeteksi keberadaan aplikasi tuyul atau fake GPS handphone mitra driver, manajemen Go-Jek juga berharap andil masyrakat.

Go-Jek mengimbau masyarakat untuk segera melapor bila mencurigai driver menggunakan fake GPS.

"Sebagai konsumen Go-Jek baiknya memperhatikan dengan baik, jika menemukan kecurigaan driver menggunakan fake aplikasi agar melaporkannya di kolom komentar, sosial media Go-Jek atau langsung melapor ke kantor Go-Jek," ujar Michael, Jumat (30/3/2018).

loading...

Berikut tips mengetahui driver menggunakan fake GPS,

1. Titik Driver berada di lokasi yang tidak wajar, seperti di rel kereta api, di tengah pulau, di dalam mal.

2. Titik Driver terlalu dekat dengan kita, tetapi kita menunggu terlalu lama.

3. Saat mengorder, driver meminta untuk membatalkan karena terlalu jauh dari lokasi yang ditujukan dari tempat dia berada.

4. Driver meminta konsumen menunggu 10 hingga 20 menit.

Dari tips di atas, konsumen bisa langsung melaporkan ke manajemen Go-Jek, tetapi diharapkan saat sudah mencurigai driver menggunakan fake GPS untuk tetap menggunakan jasanya dan tidak melakukan pembatalan. Nanti setelah selesai, konsumen bisa langsung berkomentar di kolom yang disediakan.

Loading...
Loading...