Senin, 26 Maret 2018 03:30 WITA

6 Cara Mempercepat Charge Baterai HP

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
6 Cara Mempercepat Charge Baterai HP
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Hal yang paling membosankan pada HP adalah ketika HP kamu kehabisan daya dan kamu harus ngecharge HP. Mau dicharge sambil dimanain, tapi takut nanti baterainya malah rusak.

Meski begitu, ternyata ada trik yang dapat digunakan agar durasi charge HP kamu jadi lebih cepat tanpa harus HP kamu mempunyai fitur fast charging? Berikut ulasannya:

1. Pake USB yang sesuai

Pastikan kabel USB yang kamu gunakan sesuai untuk HP kamu dan yang terbaik. Walapun terdengar sederhana, tapi kabel chargeran yang baik itu akan berpengaruh pada kecepatan charge HP. Ini karena kabel chargeran tersebut dibuat dengan logam terbaik yang dapat menghantarkan daya dengan baik pula.

2. Matikan HP

Walaupun ketika kamu charge, HP kamu dalam keadaan menyala namun tidak kamu mainkan, tapi ternyata aplikasi tetap berjalan pada background. Jadi, aplikas-aplikasi itu akan tetap membutuhkan daya walaupun HP kamu sedang tidak kamu gunakan.

Dilansir laman Jalantikus, jika kamu ingin baterai HP kamu cepat penuh ketika dicharge, kamu bisa mematikan dulu HP kamu agar aplikasi-aplikasi juga ikut mati. Jadi, daya yang masuk ke dalam HP kamu tidak akan berkurang karena digunakan secara diam-diam oleh aplikasi.

3. Jangan ngecharge di tempat panas

Mungkin kamu menganggap mengecharge di tempat yang panas adalah hal yang sepele, namun ternyata hal ini justru menghambat durasi charge HP kamu lho. Karena, ketika HP berada di suhu yang panas, secara tidak langsung kinerja HP justru akan meningkat.

4. Jangan ngecharge sambil digunakan

Pastikan jauhkan tangan kamu dari HP ketika HP kamu sedang dicharge ya guys. Sekarang logikanya begini, HP dicharge dalam keadaan nyala aja akan membuat durasi charge lebih lama karena aplikasi-aplikasi membutuhkan daya, apa lagi jika kamu gunakan sambil dicharge kan?

5. Airplane mode

Ketika HP kamu dalam kondisi nyala, pastinya dia akan mencari-cari sinyal agar HP kamu dapat selalu digunakan. Nah, proses mencari sinyal inilah yang sebenarnya memakan daya, apa lagi jika tempat tersebut susah sinyal. Pasti daya yang digunakan akan semakin besar juga.

6. Jangan ngecharge di mobil

Memang sih, dalam keadaan urgent sering banget kita akhirnya ngecharge di dalam mobil. Padahal, di dalam mobil sendiri arus yang dapat masuk ke dalam HP kita itu tidak stabil. 

Makanya ngecharge di dalam mobil membutuhkan durasi yang lebih lama ketimbang ngecharge langsung lewat listrik. Maka dari itu, hindari ngecharge dari mobil jika kamu ingin baterai HP kamu terisi lebih cepat.