Minggu, 25 Maret 2018 05:30 WITA

2 Juta Pengguna Retas Spotify untuk Hindari Iklan

Editor: Andi Chaerul Fadli
2 Juta Pengguna Retas Spotify untuk Hindari Iklan

RAKYATKU.COM - Spotify mengungkap dua juta pengguna menggunakan peretasan dan trik guna menghindari iklan yang biasa muncul di akun gratis Spotify.

Dikutip dari Engadget, Sabtu (24/3/2018), beberapa pengguna diketahui menggunakan versi modifikasi dari aplikasi Spotify. Namun tampaknya peretasan jauh lebih luas daripada yang disadari sebelumnya.

Spotify memiliki sekitar 86 juta pelanggan pada akhir tahun 2017. Itu berarti hampir 2,3 persen pengguna gratis Spotify meretas untuk ke Premium.

Peretasan yang telah dimanfaatkan pengguna mencakup pengunduhan berkas pemasangan yang diinstal (APK), melakukan sideloading ke aplikasi Android, dan masuk dengan akun Spotify yang sah (tapi gratis).

Peretasan seperti itu tudak mengizinkan fitur-fitur Spotify Cast atau mendengarkan offline, tapi memberikan skip tidak terbatas.

loading...

Spotify mulai menindak akun palsu awal bulan ini dengan mengirim pesan ke pengguna untuk memperingatkan mereka untuk berhenti menghindari iklan atau akun mereka akan ditutup.

Meskipun mencuri layanan Premium secara gratis mungkin tidak terdengar seperti masalah besar, tapi itu bisa berdampak negatif pada laba Spotify bagi perusahaan.

Pengguna yang menghindari iklan jelas merugikan Spotify, karena perusahaan tetao membayar sejumlah biaya kepada artis untuk setiap aliran lagu mereka.

Untuk pengguna gratis, Spotify mendapat timbal balik dari uang itu melalui iklan, tetapi jika pengguna menghindari iklan, Spotify tidak mendapatkan pendapatan.

Tags
Loading...
Loading...