Rabu, 21 Maret 2018 10:18 WITA

Kekayaan Bos Facebook Mark Zuckerberg Anjlok Dalam 2 Hari

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kekayaan Bos Facebook Mark Zuckerberg Anjlok Dalam 2 Hari

RAKYATKU.COM - Kekayaan CEO Facebook, Mark Zuckerberg anjlok setelah kebocoran data yang menimpa sekitar 50 juta pengguna Facebook. Harta Zuckerberg terpangkas sekitar USD 9,1 miliar atau sekira Rp123 triliun dalam waktu dua hari.

Dikutip dari CNBC, Rabu (21/3/2018), suami Priscilla Chan itu kini hanya memiliki kekayaan USD 66 miliar dari USD 75 miliar. Posisinya pun turun dari awalnya manusia terkaya nomor 4 di dunia.

Sebelumnya, terkuak kalau data sekitar 50 juta pengguna Facebook diangkut oleh perusahaan bernama Cambridge Analytica untuk memenangkan kampanye Donald Trump. 

Cambridge Analytica adalah perusahaan yang menjalankan operasi pengolahan data untuk kampanye Donald Trump pada Pilpres AS 2016. Mereka mendapat banyak pujian karena sukses mengarahkan kampanye Trump pada pemilihnya secara efektif, lebih efektif ketimbang pesaingnya yaitu Hillary Clinton.

Namun belakangan terkuak kalau perusahaan itu mungkin melakukan kecurangan dalam informasi yang dibocorkan whistleblower bernama Robert Mercer, mantan pegawai Cambridge Analytica. 

Ia mengatakan data jutaan individual pemakai Facebook dikoleksi melalui aplikasi thisisyourdigitalife, buatan akademisi Cambridge University bernama Aleksandr Kogan. 

Melalui perusahaannya bernama Global Science Research berkolaborasi dengan Cambridge Analytica, pada awalnya ratusan ribu user dibayar untuk melakukan tes kepribadian di Facebook dan setuju data mereka dikumpulkan untuk kepentingan akademis.

Namun aplikasi itu ternyata juga mengambil data teman-teman Facebook peserta tes, sehingga akumulasinya mencapai puluhan juta data. Kemudian ternyata juga, tujuannya bukan untuk akademis. 

Mereka membuat sistem yang bisa mengenali profil individual pemilih capres AS, dalam rangka memberikan mereka iklan politik yang sesuai.