Jumat, 16 Maret 2018 12:50 WITA

Ponsel Tercebur di Air Laut, Selamatkan Dengan Cara Ini

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Ponsel Tercebur di Air Laut, Selamatkan Dengan Cara Ini

RAKYATKU.COM - Menyelamatkan ponsel yang tercebur di air laut, sebenarnya hampir sama dengan jika tercebur ke air laut. Namun, karena air laut bersifat korosif, maka ponsel yang jatuh tersebut harus segera dinetralkan.

Seperti yang dilansir dari Detiknet, cara menetralkan air laut pada ponsel yakni "mandikannya" dengan air tawar. Bukan sekedar dibasuh tapi benar-benar dimandikan, dengan memasukkan ponsel tersebut ke ember berisi air tawar dan mengucek-uceknya. 

Jika ponsel memiliki baterai yang bisa dilepas, sebaiknya lepaskan dulu baterai baru merendam nya ke air tawar. Jika baterai tanam, matikan ponsel dan masukkan ke dalam air tawar, untuk menetralkan air laut. 

Setelah beberapa detik mengucek nya di air tawar, keluarkan ponsel dari dalam air, kemudian keringkan sebisa mungkin dengan lap atau tissue. Hindari penggunaan hair dryer saat mengeringkan nya. Selain itu, jangan mencoba untuk menyalakannya.

Setelah dikeringkan dengan lap atau tissu, masukkan ponsel ke dalam toples tertutup berisi silica gel yang cukup, atau kalau tidak ada boleh diganti beras, dan biarkan beberapa hari di dalamnya sampai benar-benar air dan kelembaban di dalam ponsel keluar. Baru dinyalakan kembali.