Rabu, 14 Maret 2018 12:58 WITA

4 Teori Menakutkan Stephen Hawking Soal Bumi di Masa Depan

Editor: Nur Hidayat Said
4 Teori Menakutkan Stephen Hawking Soal Bumi di Masa Depan
Stephen Hawking. (FOTO: VARIETY)

RAKYATKU.COM - Ahli fisika dan kosmologi Stephen Hawking dilaporkan meninggal dunia, Selasa waktu setempat (13/3/2018) di usia 76 tahun. Kabar ini diungkapkan oleh Lucy, Robert, dan Tim yang merupakan anak Hawking.

"Kami berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya ayah kami pada hari ini. Kami akan merindukannya selamanya," tulisnya dalam keterangan resmi seperti dilansir Sky.

"Dia adalah ilmuwan hebat dan pria luar biasa yang ide dan warisannya akan diteruskan selama bertahun-tahun".

Semasa hidup, Hawking terkenal karena teori Black Hole yang ia cetuskan. Ia juga sempat menggegerkan dunia dengan teori bagaimana dan kapan dunia akan berakhir. 

Dikutip dari Mirror, Cambridge News mengumpulkan tersebut.

1. Bumi Bola Api

Hawking mengungkapkan teori akan kemusnahan dunia yang diakibatkan oleh bola api. Ia percaya bahwa populasi bumi akan makin bertambah sehingga energi yang digunakan oleh manusia akan membakar Bumi itu sendiri. 

Untuk menghindari hal ini, manusia disarankan untuk pergi ke tempat yang belum pernah dijamah sebelumnya dan mengembangkan teknologi agar dapat berpindah dengan kecepatan cahaya.

2. Robot Ambil Alih Dunia

Hawking mengungkapkan rasa takutnya akan AI (Artificial Inteligent) akan menggantikan manusia. Dalam sebuah wawancara oleh Wired.co.uk, Hawking berkata: "Kita perlu bergerak maju dalam pengembangan Artificial Inteligent tetapi kita juga perlu memperhatikan bahaya yang sangat nyata."

"Saya khawatir AI dapat menggantikan seluruh umat manusia. Jika seseorang bersedia untuk mengembangkan virus komputer, maka akan ada orang yang bersedia membuat AI dari replika dirinya sendiri."

"AI akan menjadi bentuk kehidupan baru yang mengungguli manusia."

3. Teknologi Nuklir

"Saya khawatir dalam evolusi mengandung keserakahan dan agresi yang luar biasa terhadap umat manusia"

"Tidak ada tanda-tanda akan menurunnya jumlah konflik yang terjadi dan pengembangan pada teknologi militer dan senjata pemusnah massal dapat mengakhiri hidup dunia."

"Harapan terbaik untuk kelangsungan hidup umat manusia mungkin akan adanya koloni independen di luar angkasa."

4. Hidup Selain di Bumi

Hawking berkata bahwa manusia harus mengembangkan kemampuan teknologi semaksimal mungkin agar dapat mencegah kepunahan. 

Jika kita tidak memenuhi planet lain yang dapat di hidupi, maka perubahan iklim, populasi yang berlebihan, pandemik, dan peperangan akan mengakibatkan kemusnahan umat manusia.

Hal ini dijelaskan lebih jauh pada dokumentari BBC Two yang berjudul "Expedition New Earth", di mana Hawking mendaftarkan salah satu insinyur andal yang bernama Christophe Galfard agar dapat mengembangkan kemampuan untuk berpindah ke planet yang lain.

Bahkan dalam wawancara yang dilakukan oleh Wired, Hawking mengatakan bahwa planet bumi sudah pada titik yang tidak dapat diperbaiki lagi.