Selasa, 06 Maret 2018 09:13 WITA

Jawaban Samsung Saat Dituding Menjiplak Animoji iPhone X

Editor: Adil Patawai Anar
Jawaban Samsung Saat Dituding Menjiplak Animoji iPhone X

RAKYATKU.COM - Beberapa waktu sebelum Galaxy S9 diluncurkan pada event Unpacked Samsung yang diadakan sehari sebelum pelenggaraan Mobile World Congres (MWC) 2018, sempat disebutkan bahwa flagship generasi terbaru Samsung tersebut akan hadir dengan fitur "emoji 3D" yang mirip dengan Animoji besutan Apple yang juga ada di iPhone X.

Ada satu kabar yang  bahkan menyebutkan bahwa  meskipun agak mirip, fitur emoji  Samsung terlihat lebih maju daripada Apple. Meski demikian tudingan sejumlah pihak bahwa Samsung “menjiplak” animoji tentu “memaksa” sang vendor untuk angkat bicara dengan memberikan klarifikasi.

Samsung meluncurkan fitur ini sebagai AR Emoji pada 25 Februari 2018, dan perusahaan teknologi dan elektronik yang berbasis di Korea Selatan  tersebut ingin anda tahu bahwa fitur Galaxy S9 AR Emoji bukanlah salinan atau jiplakan dari Animoji.

CEO Samsung Mobile, DJ Koh mengatakan bahwa tudingan tersebut sama sekali tidak benar. Dia mengatakan kepada media bahwa ini adalah fitur  AR Emoji yang dihadirkan di Samsung Galaxy S9 dikerjakan Samsung  selama bertahun-tahun dan cara kerja serta penggarapan  fitur AR Emoji Galaxy S9  sangat  berbeda dengan Animoji besutan Apple.

"Pendekatan mereka dan pendekatan Samsung  sangat berbeda. Samsung  bekerja dengan serius berdasarkan roadmap kami sendiri. Kami telah bekerja sendiri untuk mengembangkan animasi 3D sejak tahun 2001 di ponsel flip," ujar DJ Koh dilansir tabloidpulsa.

Penjelasan DJ Koh tersebut cukup masuk akal karena tidak biasa bagi perusahaan seperti Samsung untuk mengerjakan proyek internal selama beberapa tahun sebelum mereka benar-benar diumumkan. Selain itu, tidak mungkin Samsung berhasil mengembangkan kode AR Emoji hanya  dalam beberapa bulan setelah iPhone X dirilis pada bulan November 2017.

Tidak mungkin AR Emoji digarap oleh Samsug sebagai “proyek dadakan” yang terbatas dalam waktu penggarapan sangat singkat.

DJ Koh juga menjelaskan, bahwa  fitur AR Emoji yang dihadirkan di  Samsung Galaxy S9 sangat  berbeda secara mendasar  dengan Animoji.  Karena menciptakan desain dan bentuk  avatar digital pengguna. Sementara itu,  Animoji Apple  hanya mereka-reka emoji yang ada dengan gerakan wajah dan suara pengguna.

Tags