Minggu, 04 Maret 2018 08:58 WITA

Canggih, Samsung Galaxy S9 Punya Program Atasi Stres

Editor: Abu Asyraf
Canggih, Samsung Galaxy S9 Punya Program Atasi Stres
Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

RAKYATKU.COM - Telepon seluler terus berkembang. Semakin banyak fitur yang memanjakan penggunanya. Tidak lagi sekadar digunakan berkomunikasi melalui telepon atau media sosial, kini fungsinya jauh lebih banyak.

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus, misalnya, sudah berfungsi sebagai alat kesehatan. Sensor optik yang terpasang pada Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus ternyata bisa digunakan untuk mengukur tekanan darah, sebagaimana dilaporkan laman GSM Arena, Selasa, 27 Februari 2018.

Teknologi itu dikembangkan bersama Universitas California San Francisco (UCSF) dalam sebuah kolaborasi yang disebut My BP Lab. VP Senior dan pemimpin Tim Layanan Kesehatan di Samsung Electronics Peter Koo mengatakan bahwa pihaknya akan terus fokus pada kesehatan.

"Itu sebabnya kami mengembangkan sensor optik revolusioner di Galaxy S9. Kami senang bermitra dengan UCSF untuk memanfaatkan sensor ini dan berkontribusi pada penelitian untuk memberi timbal balik bagi pengguna mengenai kesehatan mereka," kata dia seperti dikutip dari GSM Arena.

Selain tekanan darah, ponsel negeri Gingseng itu bisa mengukur tingkat stres penggunanya. Samsung juga berencana memperluas kemampuan Bixbi untuk dapat menilai kalori makanan hanya dengan melihatnya melalui kamera.

Pengguna dapat mengikuti studi penelitian UCFS selama tiga pekan mengenai stres dan bagaimana dampaknya dalam kegiatan sehari-hari. Mereka akan menjawab pertanyaan tentang bagaimana aktivitas keseharian mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Data tersebut kemudian akan berkorelasi dengan tekanan darah dan tingkat stres mereka.

Raksasa smartphone asal Korea Selatan itu secara resmi meluncurkan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus di acara Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona. Kedua perangkat tersebut memiliki peningkatan dari segi performa kamera.