Sabtu, 03 Maret 2018 07:30 WITA

Ketahanan iPhone Diperkirakan Cuma 4 Tahun

Editor: Adil Patawai Anar
Ketahanan iPhone Diperkirakan Cuma 4 Tahun

RAKYATKU.COM - Banyak alasan untuk tidak mengganti smartphone kesayangan setiap tahunnya. Sebagian mungkin karena perankat yang digunakan masih cukup baik atau bisa juga karena budget-nya yang terbatas. Terutama jika anda pengguna iPhone yang harga perangkatnya terbilang mahal.

Itulah sebabnya dapat dimengerti bahwa beberapa pengguna mungkin akan menjaga perangkatnya agar lebih lama lagi, karena terlalu mahal untuk mengganti ke model baru. Nah, berapa lama sih para pengguna iPhone bisa menggunakan perangkat mereka?

Dilansir tabloidpulsa, analis Asymco Horace Dediu telah menghitung bahwa berdasarkan angka-angka yang telah dirilis secara terbuka, rata-rata umur perangkat Apple sekitar 4 tahun.

Perhitungan Dediu ini berdasarkan angka yang dikeluarkan oleh Apple setiap kuartal tentang berapa banyak unit yang mereka jual. Juga didasarkan pada angka perangkat langka yang aktif, yang baru-baru ini diterbitkan Apple yani 1,3 miliar. Menurut Dediu, dengan mengetahui jumlah perangkat aktif seiring dengan jumlah perangkat yang terjual, dapat digunakan untuk memperkirakan umur rata-rata perangkat.

Yang cukup menarik, sepertinya rata-rata umur produk Apple nampaknya meningkat pada setiap kuartal. Ini sekaligus menunjukkan bahwa banyak konsumen yang tetap mempertahankan produk Apple mereka lebih lama dari sebelumnya, dan akan terus berlanjut.