Rabu, 28 Februari 2018 12:26 WITA

Tahun Depan, Ada Jaringan 4G di Bulan

Editor: Aswad Syam
Tahun Depan, Ada Jaringan 4G di Bulan
Sebuah alat yang digunakan Vodafone, Nokia dan Audi untuk membangun jaringan 4G di bulan.

RAKYATKU.COM - Raksasa seluler Vodafone, Audi dan Nokia, telah merencanakan untuk meluncurkan jaringan seluler 4G di Bulan pada 2019.

Jaringan akan digunakan oleh peluncur bulan untuk mengalirkan data kembali ke stasiun pangkalan.

Vodafone Germany akan bekerja sama dengan Nokia dan Audi, dalam mendukung sebuah misi ke Bulan yang akan digelar pada peringatan 50 tahun setelah astronot NASA menginjakkan kaki mereka untuk pertama kalinya ke bulan.

Misi tersebut bernama Mission to the Moon, dengan sebuah tim peneliti asal Jerman bernama PTScientists menjadi penggagas. Proyek ini menjadi misi Bulan pertama yang didanai pihak swasta.

Vodafone menunjuk Nokia untuk mengembangkan jaringan level antariksa. Nantinya, mereka akan memanfaatkan sebuah perangkat dengan bobot hanya sekitar satu kilogram, dikenal sebagai Ultra Compact Network, yang diperkenalkan Nokia pada pertengahan 2016 silam.

Sedangkan Audi kebagian tugas sebagai penyedia dua rover bernama Lunar Quattro yang nantinya akan menjelajahi Bulan.

"Demi kepentingan umat manusia yang ingin meninggalkan Bumi, kita perlu membangun infrastruktur mumpuni di luar planet kita," ujar Robert Bohme, CEO dan founder dari PTScientists.

Keunggulan yang diberikan jaringan 4G adalah standar LTE (long-term evolution) yang mampu menyimpan banyak daya, dan hanya membutuhkan sedikit energi untuk mengirim data, sehingga lebih banyak penelitian yang bisa dilakukan.

Mengapa memilih 4G bukan 5G? Vodafone tentunya punya pertimbangan matang. "Jaringan 5G masih menjalani proses uji coba dan belum memiliki tingkat kestabilan yang cukup agar dapat bekerja dengan baik di permukaan Bulan," ujar salah satu petinggi Vodafone, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (28/2/2018).

Meski jaringan tak secepat wifi di Bumi, namun tersebut sudah cukup mumpuni untuk menghadirkan koneksi yang stabil dalam jarak yang sangat jauh.

Tidak hanya itu, jaringan ini juga memungkinkan dua rover Lunar Quattro untuk berkomunikasi secara langsung dengan Bumi, ditambah dukungan streaming video dengan kualitas HD, selama perjalanan mereka mengarungi permukaan Bulan.