Senin, 26 Februari 2018 13:49 WITA

Samsung Galaxy S9 Vs iPhone X, Mana yang Lebih Unggul

Editor: Suriawati
Samsung Galaxy S9 Vs iPhone X, Mana yang Lebih Unggul
Foto: Slashgear

RAKYATKU.COM - Samsung dan Apple adalah dua perusahaan yang bersaing ketat dalam hal smartphone. Tidak heran, ketika salah satu dari perusahaan meluncurkan ponsel andalannya, maka konsumen akan membanding-bandingkan produk keduanya.

Saat ini, smartphone andalan Apple adalah iPhone X, sementara Smasung baru saja merilis Galaxy S9. Lalu, mana diantara keduanya yang lebih unggul. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Bloomberg.

Fotografi dan Video
Kedua smarphone ini memiliki kualitas kamera yang bagus. Samsung telah melengkapi S9 Plus dengan dual kamera (wide-angle, dan telephoto) dan keduanya menangkap dengan resolusi 12 megapixels. Fitur ini sama seperti iPhone X. Samsung bahkan memasang dua lensa S9 Plus secara vertikal, yang juga sama dengan Apple.

Saat Anda memotret dengan S9, Anda akan menangkap 12 gambar secara bersamaan. Telepon kemudian membandingkan semua eksposur untuk membuat satu tembakan yang mencakup semua detail yang Anda inginkan, namun dengan sesedikit mungkin grain dan noise.

Ini hampir sama dengan cara kerja iPhone X yang memproses foto dengan rentang dinamis tinggi, mengambil tiga gambar pada berbagai tingkat pemaparan cahaya dan menggabungkannya untuk menghasilkan gambar yang lebih kaya dan lebih seimbang.

Tapi perbedaannya adalah, S9 memiliki aperture lebih lebar untuk membiarkan lebih banyak cahaya, yaitu aperture f1.5 sementara iPhone X masih memiliki f1.8. Dalam hal kamera, perubahan kecil itu bisa membuat perbedaan besar.

Samsung Galaxy S9 Vs iPhone X, Mana yang Lebih UnggulLayar dan Desain
Model S9 Plus menggunakan layar 6.2 inci sementara S9 biasa lebih kecil dengan lebar 5,8 inci. Varian besar dan kecil memiliki berat masing-masing 189 gram dan 163 gram.

IPhone X memiliki berat 174 gram, tepat di tengah-tengah dua ponsel Samsung. Tapi layarnya memiliki perbedaan besar. iPhone X terkenal dengan "notch" di atas layar. Sebaliknya, layar S9 masih berbentuk persegi panjang, dengan bezel tipis di bagian atas dan bawah layar tipis, tapi punya iPhone X lebih tipis.

loading...

Dalam hal ini, konsumen akan memiliki pilihan, bezel yang lebih ramping tapi dengan nothc, atau tidak ada notch tapi bezel sedikit lebih besar.

Kinerja
Di Amerika Serikat, Samsung akan melengkapi Galaxy S9 dengan sistem dan chip terbaru Qualcomm, Snapdragon 845. Ini mencakup CPU yang berjalan dengan kecepatan hingga 2.8GHz dan memiliki emrosesan eight-cores. Di daerah lain, seperti Eropa, Samsung akan menggunakan prosesor Exynos sendiri.

iPhone X menggunakan chip A11 Bionic, yang berjalan sampai sekitar 2.4GHz, menggunakan pemrosesan six-cores.

Namun, sebelum Galaxy S9 dilepas ke pasar dan rireviw, maka kita tidak bisa mengukur seberapa baik kinerjanya bila dibandingkan dengan iPhone X.

Fitur dan Keamanan
Apple tidak pernah membiarkan pelanggan memperluas penyimpanan internal iPhone dengan memori SD. Tapi Samsung memperbolehkannya pada S9. Ini akan memiliki penyimanan internal 64GB, namun mendukung kartu Micro SD dengan kapasitas tambahan hingga 400GB.

Untuk fitur keamanan, Samsung menggunakan sensor sidik jari dan pemindaian iris untuk unlocking. Itu tidak dianggap secanggih sistem Apple, yang memetakan kontur wajah manusia untuk mengidentifikasi individu dan dianggap cukup aman untuk tidak lagi memerlukan sidik jari sama sekali.

Harga
Apple iPhone X dijual sekitar $999, sementara Galaxy S9 akan dipasarkan seharga $719.99 dan S9 Plus seharga $839.99.

Loading...
Loading...