Senin, 26 Februari 2018 02:00 WITA

Ini 10 Aplikasi Android Paling Boros Memori

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini 10 Aplikasi Android Paling Boros Memori
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Suka kesel ngga sih kalau HP Anda tiba-tiba jadi lemot pas lagi kamu mainin? Apa lagi kalo lagi ada hal-hal genting yang harus dilakuin di HP kamu. Pasti rasanya HP Anda pengen langsung kamu banting kan?

Selain dari HP kamu yang mungkin udah kelewat jadul, ternyata faktor aplikasi yang Anda instal juga ngaruh lho. Apa lagi, ada beberapa aplikasi boros memori yang dengan senang hati akan membuat HP kamu jadi tambah lemot.

Nah, kalau HP Anda sering tiba-tiba lemot, mungkin aplikasi yang Anda instal lah penyebabnya. Inilah 10 daftar aplikasi yang boros memori berdasarkan hasil penelitian dari Avast yang patut kamu waspadai di HP kamu.

1. Line: Free Calls & Messages

Berbeda di saat dulu ketika aplikasi Line hanya sekedar aplikasi untuk chattingan aja, sekarang sudah bertransformasi lebih besar lagi. Ada beberapa fitur tambahan yang keren yang ada di aplikasi ini, seperti agregator, Official Account, dan lainnya. Wajar aja jika aplikasi ini akan menyedot memori HP kamu.

2. Snapchat

Mungkin aplikasi yang satu ini memang sudah kalah populer ketimbang Instagram di Indonesia ataupun di seluruh penjuru dunia. Tapi, selain sudah kalah populer, ternyata aplikasi sosial media berbagi foto dan video ini juga jadi salah satu aplikasi boros memori.

3. Amazon Shopping

Menjadi salah satu marketplace terbesar dengan barang yang lengkap, mungkin akan menhabiskan storage yang masuk ke cache ketika kamu membuka suatu barang. Makanya, aplikasi ini masuk menjadi salah satu aplikasi yang bisa menghabiskan memori HP-mu.

4. Google Earth

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menjelajahi dunia hanya dengan menggunakan sentuhan jari kamu. Karena terus membuka gambar dari berbagai tempat wisata mancanegara, gambar-gambar tersebut akan tersimpan sebagai cache di memori HP kamu dan terus menumpuk ketika Anda terus membukanya.

5. Clean Master

Menjadi salah satu aplikasi yang banyak diinstal dengan kegunaan untuk melegakan memori HP Anda, tapi malah menjadi salah satu aplikasi yang menghabiskan memori. Karena aplikasi ini sering berjalan di background menjadikannya salah satu aplikasi boros memori RAM.

6. Photo Grid

Inilah salah satu aplikasi edit foto yang paling sering digunakan di HP Android. Karena kemudahannya, banyak orang yang menyimpan foto-foto hasil editan Photo Grid dan lupa menghapusnya. Makanya aplikasi ini jadi salah satu aplikasi paling menyedot memori HP kamu.

7. Amazon Video

Aplikasi streaming film dan TV show ini memang salah satu yang paling banyak peminatnya. Kebanyak, para pengguna mendownload film yang mereka suka dan akhirnya lupa untuk menghapusnya. Makanya, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi boros memori.

8. Netflix

Aplikasi yang dipercaya akan menggeser kepopuleran siaran televisi ini memang menyuguhkan banyak film dan TV show berkualitas. Dilansir laman Jalantikus, sama seperti Amazon Video, para pengguna biasanya mendownload film dan akhirnya lupa untuk menghapusnya.

9. Samsung WatchON

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol TV pintar, pemutar Blu-Ray dan DVD. Karena mempunyai database yang cukup besar, pastinya akan menghabiskan memori HP Anda, ya kan? Tapi untungnya sih aplikasi ini masih kurang populer di Indonesia.

10. Amazon for Tablets

Sesuai namanya, aplikasi ini memang diperuntukkan untuk device Tablet. Sama dengan aplikasi versi mobile-nya, ketika membuka suatu barang akan otomatis tersimpan sebagai cache di memori HP kamu. Semakin banyak kamu membuka barang dan tidak membersihkan cache, semakin menumpuk dan menghabiskan memori kamu.