Jumat, 23 Februari 2018 07:30 WITA

Sel Kulit Mati Bisa Jadi Biang Kerok Komputer Lelet

Editor: Nur Hidayat Said
Sel Kulit Mati Bisa Jadi Biang Kerok Komputer Lelet
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Komputer Anda lelet? Bisa jadi itu karena pengaruh sel kulit mati. Loh, kok bisa?

Sebuah stasiun berita lokal di Florida, Amerika Serikat (AS), WFTS, berbicara kepada tim di Best Buy's Geek Squad. Mereka memberikan beberapa saran untuk membantu meningkatkan kecepatan komputer.

Beberapa sarannya sudah lumrah, seperti menghapus file temporary, aplikasi yang tidak terpakai atau program lama. Selain itu, bersihkan komputer dari serangan virus.  Namun, sel kulit mati ternyata jadi salah satu penyebab komputer lambat. 

"Banyak debu, makanan, dan sampah lainnya terkumpul di komputer, terutama di kipas di dalam komputer Anda," kata anggota tim Geek Squad, Adam Silkey, dilansir Independent. 

"Kipas itu yang membuat komputer tetap dingin dan membuatnya bekerja cepat cepat," katanya. Debu, kata Silkey, menyumbat komputer sebagian besar terdiri dari kulit manusia yang mati. 

Bagaimana mengatasinya? Gunakan kaleng semprot angin untuk membersihkan bagian dalam komputer dan keyboard setidaknya setiap enam bulan.

"Untuk membersihkan layar, mouse, dan permukaan datar lainnya, Anda harus mematikan komputer kemudian membersihkannya dengan kain microfiber."

"Agar lebih bersih, Anda bisa mendisinfeksi dan membuang kotoran berlebih dengan menggunakan campuran air dan alkohol atau air dan cuka - sedikit saja, jangan sampai kebanyakan.

"Untuk keyboard, bersihkan dengan menggunakan sikat lembut yang besar untuk debu atau Anda bisa memakai kaleng semprot untuk menghilangkan kotoran di antara tombol.

"Anda pun bisa menggunakan kain yang dibasahi dengan alkohol untuk hilangkan noda, tetapi jangan terlalu basah."

Loading...
Loading...

Berita Terkait