Kamis, 15 Februari 2018 17:13 WITA

Sensor Sidik Jari di Layar Bakal Hadir di Samsung Galaxy S10?

Editor: Adil Patawai Anar
Sensor Sidik Jari di Layar Bakal Hadir di Samsung Galaxy S10?

RAKYATKU.COM - Sejak awal munculnya trend desain bezel yang sangat tipis di smartphone, OEM mulai memikirkan cara alternatif  untuk “menyingkirkan” penempatan panel pemindaian sidik jari di tombol fisik Home. Dua alternatif cara menempatkan pemindai sidik jari adalah di tombol fisik di dekat tombol volume, dan panel sidik jari khusus yang ditempatkan di bagian belakang perangkat. Hingga ada pengembangan teknologi pemindaian sidik jari di bawah layar, seperti yang sudah diterapkan oleh Vivo di smartphone generasi terbarunya yakni Vivo X20 Plus UD (Under Display).

Lahirnya inovasi ini, tentu tak pelak mengundang rumor bahwa Samsung sebagai salah satu vendor smartphone terbesar di dunia juga akan menggarap smartphone baru dengan fitur pemindai sidik jari di bawah layar. Rumor yang berhembus kencang menyebutkan bahwa Samsung Galaxy Note 9 dan Samsung Galaxy S9 akan mengadopsi teknologi tersebut. Namun ternyata dugaan tersebut salah besar!

Pemindai sidik jari di layar ternyata belum akan hadir di Samsung Galaxy Note 9, maupun Samsung Galaxy S9. Samsung tidak akan siap untuk menghasilkan barang dalam jumlah massal dengan dibekali fitur pemindai sidik jari di bawah layar. Salah satu alasannya adalah tingkat kesulitan dalam pembuatan komponen layar  yang memiliki teknologi pemindai sidik jari ini.

Dilansir phonearena, media lokal di Korea Selatan pada hari Rabu (14/2 2018) menyebutkan bahwa Samsung mungkin akan menghadirkan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat di Samsung Galaxy  Note 9 dan Samsung Galaxy S9. Raksasa teknologi negeri ginseng tersebut hingga kini masih menjalin kerja sama dengan berbagai pemasok termasuk Synaptics untuk memperkenalkan pemindaian sidik jari pada layar perangkat. Sayangnya persiapan produksinya paling cepat baru bisa direalisasikan pada tahun 2019 atau pada saat persiapan peluncuran Galaxy S10.

Upaya Samsung di lapangan harus berhadapan dengan desain Infinity Display yang melengkung pada bagian tepinya, yang jelas menjadi tantangan yang sangat sulit bagi Samsung.  Jika pembaca optik jenis ini disematkan di bawah layar, maka dikhawatirkan akan ada masalah serius dengan transparansi layar OLED sekaligus akan mempengaruhi daya tahannya.

Hal ini senada dengan keterangan yang disampaikan oleh salah seorang narasumber yang mengatakan bahwa  ada sisi kelebihan dan kekurangan dari penggunaan kedua tipe layar optik. Termasuk tipe layar kapasitif atau ultrasonik yang dikembangkan dengan teknologi pemindaian sidik jari di bawah layar.  Teknologi tersebut sayangnya hingga saat ini masih belum dapat dikomersialkan. Komersialisasinya kemungkinan baru bisa diwujudkan di tahun depan.

Tags