Rabu, 14 Februari 2018 01:30 WITA

Di India, WhatsApp Mulai Jadi Alat Pembayaran 

Editor: Fathul Khair Akmal
Di India, WhatsApp Mulai Jadi Alat Pembayaran 

RAKYATKU.COM - WhatsApp Payments mulai hadir untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi di India. Fitur payments di WhatsApp menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI).  Pengguna di India, dapat mengirim dan menerima uang melalui WhatsApp.

WhatsApp sudah bermitra dengan ICICI Bank untuk memfasilitasi pembayaran lewat UPI. Namun kemungkinan besar, bank lain juga akan dilibatkan dengan program ini

Untuk saat ini, fitur payments WhatsApp belum tersedia untuk semua pengguna. Hanya pengguna yang sudah mendaftar di program beta yang akan melihat menu pembayaran di aplikasinya.

Cara menggunakannya, pengguna terlebih dahulu perlu memasukan nomor rekening bank. Kemudian, mereka harus memverifikasi nomor ponsel mereka melalui SMS seperti dikutip suara.com.

Setelah nomor ponsel diverifikasi, daftar bank yang didukung akan muncul. Pilih bank tempat Anda memiliki akun. Lalu, pilih rekening bank yang ingin Anda tambahkan ke UPI di WhatApp. Pengguna kemudian harus memasukkan enam digit terakhir nomor kartu debit untuk membuat Virtual Payee Address (VPA).

Sekarang untuk mengirim uang, pergi salah satu teman. Ketuk ikon + dan Anda akan melihat Pembayaran. Jika orang lain mengaktifkan payments, fitur ini akan berhasil. Jika pengguna lain tidak memiliki fitur payemnts, aplikasi akan mengingatkan Anda.

Pembayaran berbasis UPI akan mempermudah pengguna WhatsApp di India untuk mengirim dan menerima uang. Saat ini, WhatsApp memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, 200 juta pengguna berasal dari India.