Jumat, 09 Februari 2018 14:41 WITA

DRL Toyota Bikin Pengendara Lebih Aman

Editor: Nur Hidayat Said
DRL Toyota Bikin Pengendara Lebih Aman
Daytime Running Light (DRL) disematkan pada beberapa mobil Toyota, salah satunya Yaris. Foto: Dok Toyota.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Toyota menyematkan penggunaan daytime running light (DRL) pada jajaran produknya sejak 2012, salah satunya pada Toyota Yaris. Ini sebagai komitmen Toyota meningkatkan standar keselamatan pengendara. 

Regulasi DRL pertama kali diluncurkan pada 2002 oleh National Roads and Motorsist Association Limited (NRMA). Sesuai namanya, DRL merupakan lampu yang dihidupkan pada siang hari.

"Fungsi utama DRL adalah untuk meningkatkan kewaspadaan pengendara lain terhadap kendaraan yang datang dari arah berlawanan, terutama saat siang hari. Lampu DRL yang disematkan pada Toyota Yaris akan menyala dengan sangat terang, sehingga dapat terlihat bahkan dari jarak yang jauh sekalipun," ujar Aswan Amiruddin, Marketing Manager Kalla Toyota, Jumat (9/2/2018).

Penggunaan DRL diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan, utamanya pada siang hari. Melalui fitur DRL, kendaraan akan terlihat lebih mencolok bagi pengguna jalan lainnya, sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap berkurangnya kecelakaan lalu lintas, antara lain head-on colission.

Efektivitas penggunaan DRL telah diteliti melalui sebuah studi di Eropa untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya pada siang hari. Hasilnya, peredaman potensi kecelakan dengan DRL yakni 25 persen kecelakaan fatal multi-kendaraan siang hari (11 persen dari semua kecelakaan fatal non-pejalan kaki). 

Selanjutnya 28 persen kecelakaan pejalan kaki fatal pada siang hari (12 persen dari semua kecelakaan pejalan kaki fatal), 20 persen kecelakaan multi-kendaraan siang hari, 12 persen kecelakaan properti multi-kendaraan siang hari.

Aswan mengatakan, DRL juga dapat berperan besar pada musim penghujan. Visibilitas sering menjadi kendala ketika hujan deras dan sering menimbulkan kecelakaan yang tentu berdampak negatif terhadap pengendara. "Fitur ini dapat membantu meningkatkan visibilitas kendaraan dari arah lain untuk lebih waspada," ucapnya.

DRL tidak hanya meningkatkan visibilitas bagi pengguna jalan lain, tetapi juga dapat memperbaiki waktu reaksi saat kendaraan mulai mendekat. "Dengan adanya manfaat tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kehati-hatian pengguna jalan raya serta menekan angka kecelakaan lalu lintas," tambah Aswan.