Rabu, 07 Februari 2018 16:41 WITA

Ukir Sejarah, SpaceX Sukses Luncurkan Roket Falcon Heavy

Editor: Suriawati
Ukir Sejarah, SpaceX Sukses Luncurkan Roket Falcon Heavy

RAKYATKU.COM - Perusahaan roket SpaceX baru saja meluncurkan roket Falcon Heavy untuk pertama kalinya pada hari Selasa (06/02/2018). Keberhasilan ini menjadikan CEO Elon Musk sebagai pemilik roket operasional paling kuat di dunia.

Peluncuran dilakukan di Kennedy Space Center di Florida, di Launch Pad 39A. Itu adalah launch pad yang sama yang menjadi tuan rumah misi Apollo dan Space Shuttle di masa kejayaan human spaceflight AS.

Setelah serangkaian penundaan karena angin sepoi-sepoi, Falcon Heavy menembakkan 27 mesinnya dan meraung ke langit sekitar pukul 03:45 ET.

Dua setengah menit setelah lepas landas, dua penguat roket terlepas dari kolom utama dan memulai perjalanan mereka kembali ke Bumi dengan hati-hati.

SpaceX adalah satu-satunya perusahaan di dunia yang menguasai langkah ini. Tujuannya adalah untuk membimbing penguat roket kembali ke rumah sehingga bisa diperbaharui dan digunakan kembali di misi masa depan, yang mengurangi biaya peluncuran.

Peluncuran uji coba ini menjadi sebuah jalan baru untuk mencapai cita-cita SpaceX itu sendiri, yaitu mengirimkan mobil Tesla ke luar angkasa.