Rabu, 07 Februari 2018 15:23 WITA

Senapan Air ini Bisa Menembus Lapisan Baja dan Beton

Editor: Suriawati
Senapan Air ini Bisa Menembus Lapisan Baja dan Beton
PyroLance

RAKYATKU.COM - Sebuah teknologi yang memungkinkan petugas pemadam kebakaran melawan api yang berada di balik rintangan, telah dikembangkan.

Dinamai PyroLance, ini adalah senapan air yang bisa menembus lapisan baja, beton, batu bata atau antipeluru, untuk menyemprotkan air dan memadamkan api.

Alat itu bekerja dengan menembus material dengan teknologi Ultra-High Pressure (UHP), untuk menembus lapisan. PyroLance akan menciptakan lubang tiga milimeter, dan air bisa disemprotkan melalui lubang kecil itu ke api.

Menurut penjelasan di situs web PyroLance, peralatan tersebut bisa melewati bahan kuat hanya dalam hitungan detik. Itu bisa menusuk bata ganda yang menghadap ke dinding atau kayu lapis dalam 30 detik, sebuah blok beton dalam 35 detik, selembar aluminium dalam sepuluh detik dan sebuah pesawat kargo FedEx dalam tiga detik.

Senapan Air ini Bisa Menembus Lapisan Baja dan BetonSelain itu, PyroLance dapat mendinginkan ruang tertutup yang terbakar dengan sangat cepat, menurunkan suhu dari sekitar 1.500 derajat Fahrenheit sampai 200 derajat Fahrenheit dalam waktu kurang dari 60 detik.

Ketika senapan menembus penghalang dan kemudian menyiram api di ruang tertutup dengan air, sejumlah oksigen dalam jumlah sedang dipompa untuk mengurangi kemungkinan adanya backdraft.

Menurut CNNMoney, sejauh ini teknologi tersebut telah diambil oleh beberapa bandara dan layanan pemadam kebakaran di seluruh dunia.

Di antara perusahaan yang telah berinvestasi dalam teknologi tersebut adalah Bandara Houston, Pabrik Mesin Rolls Royce, Terowongan Kereta AMT Kanada dan Pilot Charleston Harbor.

Tags