Rabu, 07 Februari 2018 12:40 WITA

Facebook Watch Semakin Mirip Dengan YouTube

Editor: Suriawati
Facebook Watch Semakin Mirip Dengan YouTube
Facebook

RAKYATKU.COM - Facebook tampaknya berencana untuk memperluas layanan videonya, Watch, sehingga bisa menyaingi YouTube.

Menurut laporan CNBC, raksasa media sosial tersebut telah melakukan pembicaraan dengan beberapa agen media mengenai perluasan tab Watch untuk memasukkan lebih banyak konten dari pengguna individual, merek, dan influencer.

Langkah ini dinilai sebagai upaya Facebook untuk mengejar ketinggalan dengan YouTube, serta menjadi cara baru untuk menumbuhkan kembali angka penggunanya.

Facebook meluncurkan tab Watch pada bulan Agustus 2017, dan mengklaim platform tersebut sebagai tempat bagi pengguna untuk menonton konten video kelas profesional.

Hingga saat ini, tab Watch telah menyertakan lebih banyak konten bergaya televisi, yang memungkinkan Facebook bersaing untuk meraup pendapatan iklan dengan saluran TV.

Dengan memperluas ke konten yang dibuat pengguna, ini akan memberi kesempatan kepada Facebook untuk membeli pasar iklan video digital yang berkembang pesat. 

Pendapatan iklan video digital diperkirakan akan meningkat sekitar 35% pada 2020, sementara pendapatan iklan TV diperkirakan meningkat sekitar 5% pada periode waktu yang sama, menurut Axios. 

Jika rencana Facebook berjalan mulus, tab Watch akan menerapkan struktur serupa dengan YouTube, yaitu membagi pendapatan iklan dengan pembuat video.

Cara kerjanya seperti ini, pembuat konten akan mengunggah video ke Watch secara gratis dan kemudian mendapatkan pendapatan dari pengiklan.