Rabu, 07 Februari 2018 11:08 WITA

Begini Tampilan Layar Anti Gores yang Diklaim Terkuat di Dunia

Editor: Andi Chaerul Fadli
Begini Tampilan Layar Anti Gores yang Diklaim Terkuat di Dunia
sumber: liliputing

RAKYATKU.COM - Layar merupakan komponen penting dalam smartphone kekinian. Kini teknologi layar semakin berkembang dengan pemilihan jenis layar, hingga terciptanya berbagai pelindung layar untuk menghindari resiko anti gores, anti air, dan debu.

Dikutip dari Liliputing, Rabu (7/2/2018), hal ini serupa dengan teknologi layar yang dikembangkan oleh Akhan Semiconduktor yang memberikan pernyataan bahwa panel besutannya ini memiliki desain yang lebih tangguh, keras. Dan tentunya lebih kuat serta tahan gores daripada Corning’s Gorilla Glass.

Akhan Semiconduktor telah memperkenalkan teknologi canggihnya ini sejak tahun 2016. Tetapi ketika itu belum ada vendor yang menjual perangkatnya menggunakan Kaca Anti Gores besutan mereka. 

Mulai tahun 2019 akan merubah segalanya, pasalnya Akhan Semiconduktor ini akan bekerja sama dengan sejumlah mitra smartphone global untuk menguji ketangguhan panelnya.

Teknologi Miraj Diamond Glass diketahui menggunakan lapisan berlian yang dikembangkan di laboratorium untuk membuat kaca anti gores yang diproduksi oleh Akhan Semiconduktor ini semakin tangguh dari resiko goresan ekstrem.

Namun, perlu diketahui bahwa kekerasan tidak sama dengan ketangguhan, melalui teknologi yang dikembangkannya untuk membuat Kaca Anti Gores ini akan sulit tergores dan lebih tangguh. Namun, kaca jenis ini akan lebih mudah pecah jika kalian menjatuhkannya dari ketinggian tertentu atau mungkin menekannya dengan benda tajam serta tenaga besar.

Selain itu, Akhan Semiconduktor ini juga memiliki beberapa solusi untuk mengatasi beberapa hal, yang pertama dapat digunakan untuk bahan penutup lain seperti Gorilla Glass. Sehingga akan menambahkan lapisan anti gores pada layar yang cukup tangguh. 
Kedua, teknologi kaca ini lebih fleksibel karena lapisannya sangat tipis yang akan memberikan kekuatan dan perlindungan tanpa memberikan efek karena benturan.

Namun, hal yang satu ini mungkin akan menghalangi vendor untuk menggunakan komponen ini, yakni dengan harganya yang mahal. Karena pengujian dengan menggunakan intan di laboratorium ini proses yang rumit dan mahal.

Berita Terkait