Selasa, 06 Februari 2018 19:24 WITA

Robot akan Merawat 80 Persen Lansia di Jepang Pada 2020

Editor: Suriawati
Robot akan Merawat 80 Persen Lansia di Jepang Pada 2020
INT

RAKYATKU.COM - Jepang dikenal memiliki populasi lanjut usia (lansia) yang tinggi. Pada tahun 2025, negara ini diperkirakan akan menghadapi kekurangan 370.000 pengasuh untuk merawat orang tua.

Untuk itu, pemerintah berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan teknologi, atau lebih tepatnya menggunakan robot pengasuh.

Untuk saat ini, pembuat robot telah memfokuskan usaha mereka untuk memproduksi droid sederhana yang bisa membantu orang tua bangun dari tempat tidur mereka dan naik ke kursi roda, atau yang dapat memudahkan lansia masuk ke bak mandi. Pemerintah bahkan berharap ada robot yang dapat memprediksi kapan lansia perlu menggunakan toilet.

Dr Hirohisa Hirukawa, direktur riset inovasi robot di National Institute of Advanced Industrial Science and Technology Jepang, mengatakan bahwa tujuannya mencakup mengurangi beban staf perawat dan meningkatkan otonomi orang-orang yang masih tinggal di rumah.

"Robotika tidak bisa menyelesaikan semua masalah ini. Namun, robotika akan mampu memberikan kontribusi pada beberapa kesulitan ini," katanya.

Hirukawa mengatakan, sejauh ini robotika telah ditempatkan di sekitar 8% panti jompo di Jepang. Jumlah ini dinilai masih sangat kurang, dan itu sebabkan oleh biaya dan penerimaan robot itu sendiri sebagai pelayan.

Menurut strategi robot Jepang, pemerintah berharap 80% lansia sudah dirawat oleh robot pada tahun 2020.