Selasa, 06 Februari 2018 15:41 WITA

April, India Akan Daratkan Penjelajah di Bulan

Editor: Suriawati
April, India Akan Daratkan Penjelajah di Bulan
Chandrayaan-1

RAKYATKU.COM - Badan antariksa India akan  mendaratkan penjelajah rover ke wilayah kutub selatan Bulan yang belum dijelajahi.

Rover Chandrayaan-2 akan diluncurkan pada bulan April, dan perjalanannya akan memakan waktu antara satu hingga dua bulan untuk mencapai orbit.

Misi tersebut bisa menjadi terobosan ilmiah, karena wilayah kutub selatan Bulan terdiri dari batuan yang diyakini berumur empat miliar tahun. 

Ini adalah penyelidikan lunar kedua Indian Space Research Organisation (ISRO) dan pertama kalinya akan mendarat di bulan. 

Misi pertama negara tersebut, Chandrayaan-1, diluncurkan pada tahun 2008 dan dihentikan setahun lebih awal setelah para ilmuwan kehilangan kontak dengan pesawat ruang angkasa tak berawak tersebut.

"Chandraayan-2 adalah misi yang menantang karena untuk pertama kalinya kami membawa pengorbit, pendarat dan penjelajah ke bulan." kata ketua ISRO K. Sivan pada Times of India.

"Rover 6 roda yang dipasang di dalam pendarat akan terlepas dan bergerak di permukaan bulan," katanya. Rover tersebut akan didukung oleh energi matahari.

Dengan berat hampir 3.300 kg (7,300 lbs), pesawat ruang angkasa tersebut akan lepas landas dari Pusat Antariksa Satish Dhawan di Sriharikota.

Misi tersebut akan melakukan analisis kimia di permukaan bulan dan akan mengirimkan data dan gambar permukaan kembali ke Bumi.

Tags