Senin, 05 Februari 2018 11:34 WITA

Ini Curhatan Mark Zuckerberg di Hari Jadi Facebook

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ini Curhatan Mark Zuckerberg di Hari Jadi Facebook

RAKYATKU.COM - Facebook berulang tahun yang ke-14 pada Minggu kemarin. Pendiri jejaring sosial dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia ini, Mark Zuckerberg pun melakukan refleksi.

Mulai dari kesalahan teknis, tak menanggapi tren dengan cepat, hingga meluncurkan produk gagal. Meski pahit, Zuckerberg juga menjadikan kesalahan-kesalahan tersebut sebagai pembelajaran bagi Facebook di masa depan.

“Komunitas kita ada bukan karena kita menghindari kesalahan, tapi karena kita terus berupaya untuk mengatasi tantangan” tulis Zuckerberg. “Meski tahu akan gagal berulang kali, inilah satu-satunya cara untuk maju.”.”

Facebook belakangan banyak mendapat sorotan, terutama soal maraknya peredaran berita hoax yang disinyalir bisa ikut mempengaruhi iklim politik sebuah negara, misalnya ketika pemilu presiden AS beberapa waktu lalu.

Zuckerberg pun bereaksi dengan menerapkan sejumlah perbaikan. Terakhir, dia sengaja mengubah algoritma News Feed supaya tak terlalu banyak menampilkan video viral dan lebih memprioritaskan posting dari teman dan keluarga pengguna.  

Akibatnya, durasi waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook pun menurun sehingga berpotensi menggerus pendapatan iklan Facebook. Namun Zuckerberg bersikukuh perubahan tersebut bakal berdampak baik bagi komunitas Facebook secara keseluruhan dengan mempererat hubungan pertemanan.