Sabtu, 03 Februari 2018 14:48 WITA

Cocok untuk Touring, Helm Charger Ini Ternyata Karya Siswa Kelas Dua SMP

Editor: Abu Asyraf
Cocok untuk Touring, Helm Charger Ini Ternyata Karya Siswa Kelas Dua SMP
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Bagi Anda yang senang touring melintasi pedalaman dengan sepeda motor, tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan daya telepon seluler. 

Power bank sebenarnya bisa jadi modal saat masuk ke wilayah pedalaman. Namun, kemampuannya juga terbatas. Nah, solusinya ada pada helm charger.

Pengendara tetap bisa mengisi daya pada ponselnya tanpa harus berhenti di jalan. Dengan helm charger, pengisian baterai bisa dilakukan sambil tetap berkendara.

Helm dirancang khusus dengan bagian atas terdapat dudukan baling-baling kecil yang terhubung sebuah rangkaian, generator/dynamo, kapasitor, dan IC (Integrated Circuit) regulators. Tiupan angin akan memutar baling-baling yang menggerakkan dynamo mungil.  

Pembangkit listrik itu akan menghasilkan tegangan sebesar 5 volt,  saat baling-baling berputar dengan torsi 3.200 rpm, atau ketika sepeda motor melaju dengan kecepatan 60 km per jam. 

Arus listrik yang timbul kemudian dialirkan menuju IC Regulator. Di bagian ini arus distabilkan sebelum dikirim lewat  kabel out put menuju HP. Kabel out put dirancang panjang, yakni 1-1,5 meter. Dengan begitu, bisa menjangkau HP yang berada di dalam saku baju maupun celana. Untuk melindungi perangkat elektronik, dipasang penutup atau casing di bagian atas helm.

Sekarang alat ini masih terus disempurnakan. Rencananya, helm charger bisa digunakan untuk mengisi baterai aneka gawai lain yang kerap dibawa saat berkendara motor. Misalnya laptop atau MP3 player.

Peranti kreatif ini ditemukan Maria Eleonora Angelina, siswa kelas 2 SMP Kristen Petra 3, Surabaya.  "Idenya sih muncul dari teman-teman di sekolah. Mereka kan banyak yang naik sepeda motor, juga banyak yang bawa HP. Juga dari rasa penasaran orang tua jadi saya ciptakan helm ini untuk mereka,” papar Maria.

 
 

Berita Terkait