Kamis, 25 Januari 2018 17:47 WITA

Lebih 600 Aplikasi Bitcoin Berbahaya Ditemukan di Toko Aplikasi

Editor: Suriawati
Lebih 600 Aplikasi Bitcoin Berbahaya Ditemukan di Toko Aplikasi
INT

RAKYATKU.COM - Seiring harga Bitcoin yang tinggi, dan semakin banyaknya pengguna yang berinvestasi dalam mata uang virtual, makin banyak pula aplikasi Bitcoin yang bermunculan.

Beberapa aplikasi ini bisa ditemukan di toko aplikasi resmi populer. Beberapa yang teridentifikasi membahayakan penggunanya telah dilarang dan dihapus. Namun mengejutkannya, pakar keamanan masih menemukan ketersediaan lebih dari 600 aplikasi Bitcoin blacklist.

Dalam penelitiannya, peneliti keamanan menganalisis lebih dari 18.000 aplikasi di 20 toko aplikasi, dan menemukan bahwa 661 aplikasi Bitcoin daftar hitam masih tersedia bagi pengguna, sehingga pengguna rentan terhadap peretas.

Dari jumlah itu, peneliti menemukan bahwa 272 aplikasi blacklis ditemukan di Play Store, 54 di APKFiles dan 52 di 9Apps. Sisanya tidak diungkapkan.

Menurut peneliti RiskIQ, penjahat dunia maya di balik aplikasi yang dilarang dapat mencuri uang dan data dengan menipu pengguna yang telah mendownload aplikasi, untuk menyerahkan sejumlah besar uang atau data pribadi.

Untuk itu, peneliti menyarankan agar "sebelum menyerahkan data keuangan atau data pribadi, investor harus melakukan penelitian menyeluruh terhadap aplikasi pertukaran dan dompet yang akan mereka gunakan," kata Wakil presiden RiskIQ, Fabian Libeau dalam sebuah pernyataan.

Tags