Kamis, 25 Januari 2018 10:20 WITA

Pengguna Android? Google Mungkin Lacak Setiap Gerakan Anda

Editor: Suriawati
Pengguna Android? Google Mungkin Lacak Setiap Gerakan Anda

RAKYATKU.COM - Setiap gerakan yang Anda buat, Setiap tempat yang Anda tuju, Google mungkin terus mengintai And, menurut sebuah laporan baru dari Quartz.

Menurut Quartz, Google mampu melacak semua pemilik Android dengan menggunakan aplikasi di ponsel mereka, yang disebut Location History.

Meskipun Anda mungkin belum pernah mendengarnya, Location History adalah produk lama Google yang berasal dari Google Latitude yang sekarang sudah tidak berfungsi. Ini diluncurkan pada tahun 2009, dan memungkinkan pengguna untuk terus menyiarkan lokasinya ke teman.

Hari ini, Location History digunakan untuk fitur daya seperti prediksi lalu lintas dan rekomendasi restoran. Meskipun tidak diaktifkan pada ponsel Android secara default, ini bisa bersembunyi di aplikasi seperti Google Maps, Foto, dan Asisten Google.

Dalam sebuah percobaan untuk melihat berapa banyak data yang dicatat dan dikirim kembali ke server Google, Quartz mengambil tiga ponsel Android yang berbeda, yaitu Samsung Galaxy S8, Google Pixel 2, dan Moto Z Droid.

Berikut daftar beberapa informasi yang dikumpulkan Google:

  • Jenis gerakan yang Anda lakukan, misalnya berjalan, atau bersepeda.
  • Tekanan barometrik
  • Apakah Anda terhubung ke wifi atau tidak
  • Alamat MAC-yang merupakan pengenal unik-dari jalur akses wifi yang terhubung dengan Anda
  • Alamat MAC, kekuatan sinyal, dan frekuensi dari setiap titik akses wifi terdekat
  • Alamat MAC, identifier, type, dan ukuran kekuatan sinyal dari setiap sinyal Bluetooth di dekatnya
  • Tingkat baterai telepon Anda dan apakah telepon Anda sedang diisi atau tidak
  • Tegangan baterai Anda
  • Koordinat GPS pada telepon Anda dan keakuratan koordinat tersebut

Menurut Neowin, Google menanggapi masalah tersebut dengan mengatakan bahwa "dngan seizin Anda, Google menggunakan Location History Anda untuk memberikan hasil dan rekomendasi yang lebih baik mengenai produk Google."

"Misalnya, Anda dapat menerima prediksi lalu lintas untuk perjalanan harian Anda, melihat foto yang dikelompokkan berdasarkan lokasi, melihat rekomendasi berdasarkan tempat yang pernah Anda kunjungi, dan bahkan menemukan ponsel yang hilang. Riwayat Lokasi sepenuhnya diikutsertakan, dan Anda dapat selalu mengedit, menghapus, atau mematikannya kapan saja."

Jika Anda merasa Location History tidak aman, maka Anda dapat mencegah aplikasi ini bekerja dengan menolak izin apaliksi yang meminta akses untuk informasi Anda.

Tags