Rabu, 24 Januari 2018 08:56 WITA

Berapa Banyak RAM yang Sebenarnya Anda Butuhkan?

Editor: Suriawati
Berapa Banyak RAM yang Sebenarnya Anda Butuhkan?
INT

RAKYATKU.COM - Random Access Memory, atau biasanya disingkat menjadi "RAM" atau "memori," adalah salah satu bagian terpenting dalam komputer. PC baru atau perangkat serupa saat ini, umumnya dibekali RAM sekitar 4GB, hingga 16GB atau lebih. Tapi berapa banyak RAM yang sebenarnya Anda butuhkan? 

Jawabannya tergantung pada dua faktor: pertama, apa yang ingin Anda lakukan, dan kedua, berapa banyak budget Anda.

Berikut beberapa panduan sederhana yang berlaku untuk kebanyakan PC.

  • 2GB: Hanya benar-benar ditemukan di desain tablet murah.
  • 4GB : Biasanya hadir di perangkan notebook. Baik untuk Windows dan Chrome OS.
  • 8GB : Bagus menjalankan game, untuk sistem Windows dan MacOS.
  • 16GB : Ideal untuk pekerjaan profesional dan gamer.
  • 32GB ke atas: Penggemar dan workstation built-in saja.

Membeli RAM lebih banyak dari yang Anda butuhkan tidak memberi keuntungan pada kinerja Anda. Ini secara efektif menyia-nyiakan uang. Sekali lagi, beli apa yang Anda butuhkan!

Untuk lebih memahaminya, baca penjelasan berikut ini: 

Kapasitas memori sering dikacaukan dengan penyimpanan jangka panjang yang ditawarkan oleh solid state atau mechanical hard drive.

Analoginya seperti meja. Pikirkan RAM sebagai bagian atas meja. Semakin besar itu, semakin banyak kertas yang bisa Anda letakkan dan baca sekaligus. Hard drive lebih seperti laci di bawah meja, mampu menyimpan kertas yang tidak Anda gunakan.

Semakin banyak RAM yang dimiliki sistem Anda, semakin banyak program yang bisa ditangani secara bersamaan. RAM bukan satu-satunya faktor penentu, dan secara teknis Anda dapat membuka puluhan program sekaligus bahkan dengan jumlah RAM yang sangat kecil, namun hal itu akan memperlambat sistem Anda.

Pikirkan meja lagi. Jika meja Anda terlalu kecil, itu menjadi berantakan, dan pekerjaan Anda akan melambat saat Anda mencoba menemukan kertas apa pun yang Anda butuhkan pada saat tertentu. Anda terpaksa sering membuka laci untuk menyimpan apa yang tidak sesuai di atas meja dan mengambil kertas yang Anda butuhkan.

Komputer dengan RAM lebih besar akan terasa lebih cepat, tapi hanya sampai titik tertentu. Memiliki meja besar tidak membantu Anda jika Anda hanya bekerja dengan beberapa lembar kertas. 

Yang terbaik adalah memiliki cukup RAM (atau ruang meja) untuk semua aplikasi yang Anda gunakan dalam hidup Anda, pada perangkat tertentu.

Tags