Minggu, 21 Januari 2018 13:05 WITA

NASA Uji Reaktor Nuklir Kecil untuk Koloni Mars

Editor: Suriawati
NASA Uji Reaktor Nuklir Kecil untuk Koloni Mars
Foto: Extremetech

RAKYATKU.COM - NASA dan Departemen Energi AS baru saja menguji sebuah reaktor nuklir fisi kecil bernama KRUSTY (Kilowatt Reactor Using Stirling Technology) di gurun Nevada. Ke depannya, ini diharapkan bisa menjadi cara untuk memberikan energi bagi eksplorasi antariksa masa depan atau bahkan misi berawak ke Mars.

Reuters melaporkan bahwa ini merupakan bagian dari proyek Kilopower NASA, dan pengujian awal menghasilkan rencana untuk uji daya penuh pada bulan Maret.

 "Kami menyebutnya proyek Kilopower karena memberi kami pilihan jangka pendek untuk menyediakan kilowatt untuk misi yang sebelumnya dibatasi untuk penggunaan lebih sedikit. Tapi pertama-tama hal pertama, dan program uji kami adalah cara untuk memulai," Lee Mason dari NASA.

"Program uji Kilopower akan memberi kami keyakinan bahwa teknologi ini siap untuk pengembangan antariksa," katanya.

Menurut Space.com, prototipe NASA menggunakan inti reaktor uranium-235 seukuran gulungan handuk kertas.

Output Kilopower berkisar dari sekitar 1 kilowatt (KW), cukup untuk alat rumah tangga, sampai 10 KW. Misi Mars membutuhkan sekitar 40 KW, jadi NASA mungkin akan mengirim empat atau lima untuk ekspedisi semacam itu.

Reaktor tersebut bisa bertahan hingga sepuluh tahun dan memberi energi untuk sistem pendukung kehidupan di habitat Mars, mengisi rover dan peralatan lainnya, dan bahkan mengubah es menjadi bahan bakar yang dapat digunakan."Teknologi baru ini bisa menyediakan kilowatt dan akhirnya dapat berevolusi untuk menyediakan ratusan kilowatt, atau bahkan megawatt listrik," kata Mason.

Tags