Minggu, 21 Januari 2018 06:30 WITA

Cara Atasi Smartphone yang Panas

Editor: Andi Chaerul Fadli
Cara Atasi Smartphone yang Panas

RAKYATKU.COM - Smartphone juga kerap panas jika sejumlah fitur sedang aktif. Sejumlah vendor bahkan memberikan fitur khusus untuk mengukur dan mengatasi panas itu.

Namun tak jarang, fitur itu kurang ampuh mendinginkan smartphone. Berikut beberapa cara yang dirangkum dari berbagai sumber untuk mengatasi smartphone panas:

Cabut Charger
Biasanya smartphone akan menadi panas saat pengisian daya. Akan tetapi jika terlalu panas biasanya ada masalah pada charger. Maka dari itu jika smartphone terlalu panas segera cabut charger lalu biarkan dingin sesaat sebelum mengisi daya lagi.

Non-Aktifkan Smartphone
Cara atasi panas di smartphone akibat sinar matahari yang perlu dilakukan yakni menon-aktofkan ponsel tersebut. Setelah itu letakkan di tempat yang teduh dan jangan pernah membiarkan ponsel terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan ponsel mati dan tak bisa hidupkan kembali.

Ganti Baterai
Baterai smartphone kerap bengkak atau menggelembung. Apabila muncul retakan pada bodi ponsel akibat baterai menggelembung segera non-aktifkan smartphone. 

Cobalah untuk tidak mengisi daya dan jika baterai semakin menggelembung bawa ke pusat layanan (service centre) untuk meminta pengganti baterai jika mempunyai garansi.

Upgrade OS
Biasanya baterai smartphone cepat terkuras karena bekerja terlalu berat. Bahkan kinerja ponsel akan melamban karena untuk mencegah overheating. Jika terjadi hal tersebut ada baiknya melakukan upgrade sistem operasi (OS) karena biasanya perangkat lama bisa jadi tak cukup kuat untuk menjalankan aplikasi dalam waktu yang lebih lama.