Jumat, 19 Januari 2018 10:12 WITA

Sudah Bisa Diunduh, Begini Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa

Editor: Abu Asyraf
Sudah Bisa Diunduh, Begini Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa
Ikon WhatsApp Business

RAKYATKU.COM - Layanan WhatsApp Business resmi dirilis. Pengguna sudah bisa mengunduhnya melalui Google Play Store. Apa perbedaannya dengan WA biasa?

Layanan chatting ini berdiri sendiri alias standalone. Sasaranya adalah para pebisnis, baik UKM maupun perusahaan besar. WA Business memudahkan komunikasi antara pebisnis dengan konsumennya. Indonesia menjadi negara kelima yang menikmati layanan ini, setelah Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat.

Perbedaan dengan WhatsApp biasa dimulai dari ikon. WhatsApp Business menggunakan simbol huruf “B” kapital. Fiturnya banyak yang unik. Salah satunya, memungkinkan pebisnis menggunakan nomor telepon rumah atau kantor. Tentu saja nomor telepon seluler juga bisa dipakai.

Bukan hanya itu, juga ada badge spesial. Pebisnis bisa menginformasikan waktu operasional, situs, kategori usaha, lokasi, serta deskripsi perusahaannya. Tidak kalah menariknya, pengguna bisa mengakses statistik interaksi dengan konsumen.

Biasanya, pebisnis mendapat pertanyaan yang sama dari konsumen berbeda. Agar tidak merepotkan, WhatsApp Business menghadirkan fitur yang memungkinkan pebisnis menyetel balasan otomatis. Penyetelan serupa juga bisa digunakan untuk menyambut konsumen baru.

Dikutip dari AndroidPolice, sebagai pelengkap, WhatsApp Business memunculkan fitur baru, “Labels”. Fitur itu memungkinkan pebisnis mengkategorikan pesan masuk sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisasi.