Rabu, 17 Januari 2018 14:32 WITA

Google Berencana Bangun 3 Kabel Internet Bawah Laut Baru

Editor: Suriawati
Google Berencana Bangun 3 Kabel Internet Bawah Laut Baru
Google

RAKYATKU.COM - Google telah mengumumkan rencana untuk membangun tiga kabel internet bawah laut, dan menambahkan lima wilayah baru.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa wilayahnya di Belanda dan Montreal akan dibuka pada kuartal pertama tahun 2018, diikuti oleh Los Angeles, Finlandia, dan Hong Kong.

Untuk penambahan tiga kabel bawah laut baru akan mulai dikerjakan pada tahun 2019. Itu meliputi: Curie, kabel pribadi yang menghubungkan Cile ke Los Angeles; Havfrue, sebuah kabel konsorsium yang menghubungkan Amerika Serikat dengan Denmark dan Irlandia; dan sistem kabel Hong Kong-Guam, sebuah kabel konsorsium yang menghubungkan pusat komunikasi bawah laut utama di Asia.

Kabel bawah laut merupakan tulang punggung internet, dengan menyalurkan lebih dari 90 persen lalu lintas data dunia.

Beberapa bulan sebelumnya, Google mengungkapkan selesainya sistem kabel bawah laut yang membentang dari Amerika Serikat ke Jepang.  

Sistem bernilai $300 juta ini didukung oleh enam perusahaan, termasuk Google, dan berjalan melalui Samudra Pasifik dari Oregon ke Chiba dan Mie. 

Ini dapat menghasilkan 60 terabit bandwidth per detik, dan membawa koneksi berkecepatan tinggi ke pengguna di AS dan Jepang. 

Tags