Selasa, 16 Januari 2018 18:45 WITA

Gara-gara Berbagi Video Viral di Facebook, 1.004 Remaja Dituntut

Editor: Suriawati
Gara-gara Berbagi Video Viral di Facebook, 1.004 Remaja Dituntut
INT

RAKYATKU.COM - Lebih dari 1000 orang di Denmark menghadapi tuntutan hukum karena membagikan konten seksual tanpa persetujuan di Facebook.

Menurut polisi Denmark, konten tersebut berupa dua video dan gambar eksplisit seksual yang melibatkan dua anak berusia 15 tahun. Itu awalnya dikirim ke Facebook Messenger, namun menyebar ke halaman Facebook, dan dibagikan hingga viral. Akibatnya, sebanyak 1.004 anak muda dituntut.

Meskipun konten tersebut awalnya diposting oleh orang Denmark, namun tidak diketahui pasti apakah semua orang yang digugat karena membagikannya berasal dari negara tersebut.

"Ini adalah masalah yang sangat besar dan kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk diinvestigasi, paling tidak karena banyaknya muatan, kami menganggap ini sangat serius karena memiliki implikasi besar bagi mereka yang terlibat saat materi tersebut tersebar. Ini harus dihentikan," kata inspektur polisi Lau Thygesen dalam sebuah pernyataan pers.

Menurut laporan Mashable, kasus ini bermula setelah Facebook menerima laporan, dan memberitahukan kepada pihak berwenang AS. Informasi tersebut kemudian dikirim melalui European Union Agency for Law Enforcement Cooperation (Europol) ke polisi Denmark.