Minggu, 14 Januari 2018 18:04 WITA

NASA Temukan Persediaan Air yang Mudah Diakses di Mars

Editor: Suriawati
NASA Temukan Persediaan Air yang Mudah Diakses di Mars
Foto: NASA

RAKYATKU.COM - Penelitian terbaru NASA menemukan bahwa ada air di Mars, dan itu mudah diakses. Penemuan ini dicapai dengan menggunakan Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA.

Penelitian mereka melibatkan delapan lokasi yang memiliki hamparan es tebal di bawah permukaan Mars.

Peneliti percaya bahwa es itu awalnya berbentuk salju yang banyak, bertahun-tahun yang lalu. Sekarang, itu "tetap air es yang relatif murni, meskipun dibatasi oleh lapisan satu sampai dua meter dari batuan dan debu yang disemen es."

Temuan tersebut dilaporkan minggu ini di jurnal Science. Penulis utama, Colin Dundas dari Pusat Ilmu Pengetahuan Astrogeologi Geologi AS, mencatat bahwa "ada lapisan yang dangkal di bawah sekitar sepertiga permukaan Mars."

"Astronot pada dasarnya bisa pergi ke sana dengan ember dan sekop dan mendapatkan semua air yang mereka butuhkan," kata Shane Byrne, co-author laporan tersebut.

Tapi selain memberikan kebahagiaan akan adanya sumber daya, temuan es juga memberi ilmuwan petunjuk tentang pola iklim jangka panjang di Mars.

"Ini adalah bagian dari keseluruhan cerita tentang apa yang terjadi dengan air di Mars dari waktu ke waktu: Ke mana arahnya? Kapan es menumpuk? Kapan itu surut?" kata MRO Deputy Project Scientist NASA.