Kamis, 11 Januari 2018 15:56 WITA

BlackBerry Siapkan 2 Smartphone Keyboard Fisik di 2018

Editor: Andi Chaerul Fadli
BlackBerry Siapkan 2 Smartphone Keyboard Fisik di 2018

RAKYATKU.COM - TCL Communications sebagai pemilik lisensi merek dagang BlackBerry sedang menyiapkan dua smartphone anyar di tahun ini. Dua produk terbaru itu akan hadir dengan tampilan keyboard fisik.

Kabar itu diumumkan saat peluncuran KeyOne Bronze Edition di arena CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. 

Kedua smartphone itu akan mengusung konsep yang sama seperti KeyOne yang mengandalkan papan ketik QWERTY di samping layar sentuh.

“Kami sangat percaya diri dengan kemampuan kami untuk mengembangkan pasaran (ponsel) keyboard (fisik),” ujar Global Head of Device Portfolio BlackBerry Mobile TCL Communications, Gareth Hurn, dikutip dari Engadget, Kamis (11/1/2018).

Hurn menjelaskan, kedua perangkat itu bakal diposisikan di kelas berbeda. Harga jual salah satunya akan lebih mahal dibandingkan yang lain.

Sayangnya belum ada spesifikasi rinci, termasuk harga pasti, yang dibeberkan saat ini.

TCL Communications optimistis segmen pasar yang menghendaki keyboard fisik di smartphone masih ada. Karena dianggap mampu menunjang produktivitas.

Ponsel terbaru dari BlackBerry adalah Motion yang diluncurkan pada Oktober 2017. Berbeda dari KeyOne sebelummnya, Motion tidak dibekali keyboard fisik dan hanya mengandalkan layar sentuh selebar 5,5 inci.

BlackBerry sudah beralih dari sistem operasi bikinan sendiri ke platform Android mulai BlackBerry Priv yang muncul pada akhir 2015. Semenjak itu, semua ponsel BlackBerry menjalankan OS Android.