Selasa, 09 Januari 2018 13:08 WITA

Mirip Galaxy Note, Laptop Baru Samsung Dibekali S Pen

Editor: Andi Chaerul Fadli
Mirip Galaxy Note, Laptop Baru Samsung Dibekali S Pen

RAKYATKU.COM - Samsung mulai memperluat ranah aksesoris pena digital S Pen yang selama ini identik dengan ponsel seri Note. Kali ini, S Pen akan ditambatkan para perangkat laptop.

Samsung sendiri telah mengumumkan Notebook 9 Pen pada ajang CES 2018. Laptop ini tampil dengan berat 1,1 kilogram dan layar yang bisa diputar 360 derajat.

Samsung Notebook 9 juga dilengkapi dengan S Pen yang juga membutuhkan pengisian daya. Menariknya bisa dilakukan langsung ketika pena dimasukkan ke dalam laptop. 

Vice President & General Manager Mobile Computing & Wearables Samsung Electronics America, Alanna Cotton mendefinisikan, laptop anyar ini akan cocok dengan pekerja mobile yang akan makin mendominasi cara kerja di masa mendatang.

"Di 2020, 50 persen pekerja akan bekerja dari jarak jauh (remotely) atau bekerja sebagai pegawai lepas," tuturnya dari atas panggung CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, dikutip dari Trusted Review, Selasa (9/1/2017).

Selain itu, pena ini juga bekerja di laptop berbasis Windows 10, bukan lagi Android. Tak banyak informasi yang dibagikan Samsung dari laptop anyarnya ini di atas panggung. 

S Pen di Samsung Notebook 9 Pen ini punya sensitivitas serupa S Pen lain. Dengan kekuatan tekanan hingga 4.096 dan ujung pena yang tipis, 0,7 mm. 

Selain tambahan S Pen ini, Samsung Notebook 9 sendiri menggunakan Intel Core i7 chipset generasi ke-8. Samsung menyediakan variasi media penyimpan di laptop hingga RAM 16 GB DDR 4 dan SSD 1TB, seperti disebutkan Trusted Review.

Port yang tersedia yakni satu USB C, satu USB 3.0, satu microSD dan HDMI-out. Baterai yang digunakan berkapasitas 75Wh (watt-hour). Ukuran layar tersedia mulai dari 13,3 hingga 15 inci dengan resolusi 1080p, demikian disebutkan Engadget.

Bodinya menggunakan alumunium alloy yang lebih ringan dari aluminium. Sehingga tak heran beban laptop ini bisa menyentuh angka 1,1 kg saja. Untuk versi 15 inci, beratnya naik jadi 1,42 kg, seperti ditulis dalam blog resmi Windows

Tags