Selasa, 09 Januari 2018 12:11 WITA

Intel Gandeng AMD Garap Cip Core Generasi 8

Editor: Andi Chaerul Fadli
Intel Gandeng AMD Garap Cip Core Generasi 8

RAKYATKU.COM - Intel menggodok pengembangan Cip untuk Core generasi kedelapan. Pengembangan itu juga melibatkan AMD untuk menambahkan unsur grafik Radeon RX Vega M.

Cip terbaru itu menyediakan ruang memori RAM sebesar 4GB untuk High Bandwith Memory (HBM) generasi kedua yang digagas oleh AMD dan Hynix.

Pengumuman ini dilakukan Intel dalam acara Consumer Electronics Show (CES) 2018 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Cip terbaru bernama seri G yang terdiri dari dua produk, yaitu RX Vega M GL dan RX Vega M GH. 

Cip tipe GL diluncurkan untuk laptop, sementara tipe GH untuk gawai kecil bertenaga komputer, seperti seri Next Unit Computing (NUC) milik Intel. Produk RX Vega M GL memiliki performa antara 931MHz dan 1.011Mhz dan memiliki 20 unit penghitungan.

Sementara GH memiliki keunggulan dalam kecepatan dan perangkat keras grafis karena memiliki performa antara 1.063MHz dan 1.190MHz, ditambah 26 unit penghitungan. Perbedaan kapasitas ini membuat kedua cip dipasangkan pada prosesor yang bervariasi.

Prosesor Intel Core i5 dan i7 bisa disandingkan dengan seri GL, sedangkan GH hanya eksklusif untuk prosesor Intel Core i7, seperti dikutip dari Engadget. Kedua cip prosesor tersebut memungkinkan pengguna prosesor Intel Core i5 dan i7 menjadi lebih nyaman saat bermain game.

Pasalnya, gamer dapat menikmati 60 frame per detik dalam resolusi Full High Definition (Full HD) yang setara dengan 1080p. Gawai yang lebih tipis, ringan dan menghemat daya cocok jika dipasangkan dengan cip anyar ini.

Spesifikasi gawai yang dapat menggunakan cip ini berbobot 4,6 pound atau sekitar 2,08 kilogram, dengan ketebalan 17 mm dan dapat bertahan hingga 9,3 jam. Mengutip ZDnet, Direktur Intel untuk Client Graphics Marketing John Webb menyatakan cip baru ini menyeimbangkan sisi performa dan mobilitas.

"Seri G ini membuat pengguna merasakan performa yang lebih baik dan dikemas dalam kelas sistem yang lebih ringan dan tipis. Baik itu platform mobile atau gawai kecil yang bekerja layaknya komputer," jelas Webb. 

Tags